Pengertian Mesin Bor, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Toko bangunan dan alat teknik citra Depok Cinere Beji Citayam Bojong Bekasi studio alam sawangan Parung Bogor Cimanggis Cibinong Cikarang pondok Cina Jakarta. Halo customer Toko bangunan, alat teknik dan sambungan Depok citra baik reseller dan dropshiper. Kami dapat menjadi supplier anda, kami akan melakukan pengantaran sesuai dengan pesanan anda, nama pengirim sesuai dengan nama anda . Kami memiliki 12.000 varian jenis barang dari bahan bangunan, alat teknik dan sambungan. Bila mau order kami siap melayani anda. Pada artikel ini Toko kami akan membahas Pengertian Mesin Bor, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Dalam kontruksi bangunan ada banyak jenis mesin yang digunakan tukang untuk memperlancar pekerjaan mereka,seperti mesin potong keramik,mesin gerinda,mesin amplas,mesin serut ,mesin bor dan lain lain.

Dan salah satu alat perkakas yang sering kita temui adalah mesin bor. Mesin bor merupakan sebuah mesin dengan gerakan memutarkan alat pemotong dengan arah pemakaiannya mata bor hanya pada sumbu mesin tersebut. Mesin ini dapat digunakan untuk mengebor atau membuat lubang berbentuk bulat dalam lembaran kerja.

Di samping itu, mesin bor juga berfungsi untuk membuat alur, perluasan dan menghaluskan secara presisi dan akurat.  Adapun mesin bor terdiri dari berbagai jenis, dimana masing-masingnya memiliki fungsi tersendiri.

 Berikut adalah penjelasannya penejelasan dari kami.

Mesin Bor Tangan

Mesin bor tangan merupakan jenis bor yang paling sering kita pakai. Bor tangan ini sendiri memiliki sub jenis di dalamnya yang ditentukan oleh ukuran dari mata bornya. Ukuran tersebut mulai dari  6.5 mm, 10 mm, 13 mm, 16 mm, 23 mm, dan 32 mm. Di mana angka tersebut adalah ukuran maksimal dari bor itu sendiri.

Mesin bor tangan biasanya digunakan untuk mengebor besi maupun kayu. Hal ini tergantung dengan mata bor yang digunakan. Di samping itu, mesin bor jenis ini juga bisa digunakan untuk mengencangkan atau melepaskan baut. Cara penggunaannya sendiri menggunakan tangan dengan menekan tombol yang berada pada pegangannya. Bentuknya yang menyerupai pistol juga membuat jenis bor ini disebut sebagai bor pistol.

Selain itu, mesin bor tangan memiliki spesifikasi tersendiri sesuai dengan kecepatan putaran yang menghadirkan fitur kecepatan putaran yang memperbolehkan penggunanya untuk mengatur kecepatan. Juga, fitur reversible yang dapat membuat putarannya dilakukan dari dua arah yaitu kanan dan kiri. Mesin bor ini tersedia dalam berbagai bentuk dan juga kapasitas yang disesuaikan dengan kegunaannya.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  mesin profil modern

Mesin Bor Impact

Jenis mesin bor ini hampir mirip dengan mesin bor tangan. Namun, mesin bor tersebut  mampu bergetar dan memiliki getaran yang cocok untuk mengebor dinding. Mata bor yang dipakai juga memang khusus untuk melubangi dinding.

Mesin Bor SDS+

Jenis mesin bor ini hampir sama dengan mesin bor impact, namun bor mempunyai mode penggunaan yang dapat diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan. Di antaranya mode putaran saja atau mode putaran yang disertai dengan getaran (impact).

Umumnya jenis mesin bor ini hanya memiliki dua mode, namun ada juga yang memiliki tiga mode penggunaan. Mesin bor SDS+ juga tidak perlu mengunci mata bornya saat ingin digunakan. Cukup dengan dicolokkan saja. Selain itu, mata bor mesin ini adalah mata bor khusus, bukan mata bor biasa.

Mesin Bor SDS Max

Jenis mesin bor ini dapat dikatakan sebagai generasi sebelum mesin bor SDS+. Sebab keduanya memiliki kegunaan dan fungsi yang sama. Namun, yang membedakan keduanya hanyalah ukuran mata bornya. Di mana mata bor mesin SDS Max lebih besar dariapda mesin SDS+.

Mesin Bor Cordless

Mesin Bor Cordless adalah mesin bor tanpa kabel dimana bor ini menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya. Jenis mesin bor ini biasanya digunakan untuk pekerjaan ringan karena kekuatan putaran dari bor cenderung lemah. Mesin bor cordless dapat digunakan untuk mengebor gypsum, kayu dan besi jika hanya jika menggunakan mata bor dengan ukuran kecil.

Di samping itu, mesin bor ini pun dapat digunakan sebagai obeng listrik. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya dengan memasangkan mata obeng. Mesin bor kemudian dapat dipakai untuk memasang skrup. Penggunaan mesin bor cordless sebagai obeng terbukti lebih cepat dan menghemat waktu.

Mesin Bor Core

Jenis mesin bor ini adalah yang paling jarang digunakan.

Cara Menggunakan Bor Tangan Yang Baik Dan Benar

Salah satu jenis mesin pertukangan yang sering digunakan adalah mesin bor baik itu bor beton ,besi maupun kayu.Ketiga jenis mesin bor ini memiliki fungsinya masing masing.

Bor tangan merupakan mesin yang digunakan untuk membuat lubang, alur, perluasan hingga pengahalusan pada permukaan tertentu, tetapi jika tak dibekali pengetahuan soal cara memakainya dengan benar, bisa berbahaya!

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Macam-Macam Jenis Besi Hollo

Pada kondisi tertentu, bor tangan sangat membantu beragam pekerjaan.

Seperti untuk melubangi permukaan besi, kayu hingga tembok, hasilnya pun presisi dan sangat akurat.

Ia tak jarang dipakai untuk melepas dan mengencangkan baut.

Namun, bor tangan menyimpan risiko kecelakaan yang cukup tinggi.

Pasalnya, mesin yang digunakan bekerja dengan cara memutar sangat cepat, ditambah keberadaan mata bornya yang cukup tajam.

Maka sebaiknya, ketika hendak memakai bor tangan, kamu perlu dibekali pengetahuan yang memadai…

Guna terhindar dari potensi kecelakaan yang fatal,berikut ini kami sampaikan cara  menggunakan Bor Tangan yang Baik dan Benar

Sebelum menggunakannya, kamu perlu mengetahui beberapa informasi.

Pertama, bor tangan mempunyai beberapa jenis.

Jenis-jenis bor dibedakan berdasar permukaan yang akan dijadikan objek bor, seperti kayu, besi, tembok dan lain-lain.

Selain itu, dayanya ada yang memakai listrik dan baterai.

Kedua,  bor tangan memiliki sub jenis.

Ia ditentukan oleh ukuran mata bor, mulai dari 6.5 mm, 10 mm, 13, mm 23 mm, dan 32 mm.

Ketiga, rupa mata bor disesuaikan dengan permukaan…

Ada mata bor khusus kayu, khusus besi, khusus tembok dan lainnya.

Maka dari itu, anda perlu mengetahui informasi umum di atas, agar dapat memilih bor yang sesuai dan mendapatkan hasil yang tepat serta maksimal.

Selanjutnya akan dibahas mengenai penggunaan bor tangan yang baik dan benar,dalahq sebagai berikut:

1. Pakai Alat Pelindung Diri

Alat pelindung diri tersebut berupa masker, kacamata pelindung, sarung tangan dan pelindung pendengaran.

Tujuanya agar kamu terlindungi dari pecahan material.

2. Hindari Penggunaan Aksesoris yang Menggantung

Menggunakan aksesoris menggantung seperti kalung dan baju yang kedodoran, saat menggunakan bor tangan sangat berbahaya.

Hal itu untuk menghindari benda-benda menyangkut pada mata bor.

3. Gunakan Mata Bor yang Sesuai

Sebelum menggunakan bor, ketahui dahulu jenis-jenis mata bor.

Supaya mendapatkan hasil bor yang maksimal dan efisien.

4. Pasang Mata Bor dengan Cermat

ketika hendak memasang mata bor, pasang tepat berada di tengah-tengah.

5. Pastikan Listrik Memadai

Beban listrik bor tangan lumayan besar, sehingga pastikan terlebih dahulu listrik yang akan digunakan cukup.

Tujuannya agar proses pengerjaan tidak terganggu.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Tips Memilih Mesin Las Listrik

Selain itu, cek tempat kabel yang akan dilalui, harus kering!

6. Memulai dengan Langkah Kecil

Tandai area yang akan dilubangi.

Lalu, gunakan mata bor kecil terlebih dahulu untuk melubangi…

Sebelum menggunakan mata bor utama.

7. Posisi Bor Harus Tegak Lurus

Ketika memulai pengeboran, pegang bor tangan dengan mantap dan penuh kepercayaan diri.

Dan jika perlu, beri sedikit dorongan.

8. Maksimalkan Fitur Pengaturan Kecepatan

Pada beberapa mesin bor, ada fitur untuk mengatur kecepatan.

Gunakanlah kecepatan yang sesuai.

9. Beri Jeda

Tak usah terburu-buru dalam prosesnya yang penting menghasilkan lubang presisi dan maksimal.

Jika mata bor dirasa panas, jeda dahulu.

Lakukan jeda secara berulang agar mata bor tidak mudah panas.

10. Jangan Panik

Dalam beberapa kasus, mata bor bisa saja tersangkut pada objek pengeboran.

Hal pertama yang kamu lakukan adalah tenang.

Berhenti sejenak agar mata bor dingin, selanjutnya lepas mata bor dari mesin.

Cabut mata bor yang tersangkut menggunakan alat lain, lakukan penuh kehati-hatian..

Agar objek lubang tidak rusak.

Kasus lainnya, jika kamu akan mengganti mata bor, jangan tergesa.

Biarkan mata bor temperaturnya turun, setelahnya baru ganti.

Bagaimana apa anda sudah memahaminya.Lakukan percobaan terlebih dahulu jika anda belum pernah menggunakan mesin bor tangan ini.

Anda dapat memesan dan membeli semua barang yang ada pada artikel di atas, anda dapat memesan secara online di Tokopedia bukalapak Shoppie dengan nama toko bangunan citra. Anda dapat melihat seluruh katalog produk yang kami jual berupa bahan bangunan, alat teknik serta  barang sambungan ada juga alat alat safety. Toko citra terletak di jalan Margonda raya no 473 Depok, posisi sebrang RS bunda Margonda depok. Anda dapat chat WhatsApp di 0857 100 3 2801.Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra Alamat Kami di www.materialbahanbangunan.com/alamat. Toko kami buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 8 malam. Kecuali hari Minggu, Rabu dan Kamis kami buka dari jam 7 pagi dan tutup jam 5 sore selamat berbelanja…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *