Berikut Beberapa Tips, Untuk Dapat Merawat Mata Bor?

Toko bangunan dan alat teknik citra Depok Cinere Beji Citayam Bojong Bekasi studio alam sawangan Parung Bogor Cimanggis Cibinong Cikarang pondok Cina Jakarta. Halo customer Toko bangunan, alat teknik dan sambungan Depok citra baik reseller dan dropshiper. Kami dapat menjadi supplier anda, kami akan melakukan pengantaran sesuai dengan pesanan anda, nama pengirim sesuai dengan nama anda . Kami memiliki 12.000 varian jenis barang dari bahan bangunan, alat teknik dan sambungan. Bila mau order kami siap melayani anda. Pada artikel ini Toko kami akan membahas CARA MERAWAT MATA BOR

Kita sudah mengetahui cara memilih mata bor begitu juga jenis dan fungsinya,lantas bagaimana cara merawat mata bor agar awet dan tahan lama.

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan manusia memiliki usia pakai. Seiring dengan beban pekerjaan dan waktu kerja serta jenis material yang dikerjakan, mata bor akan menurun kondisinya. Dengan kita rawat, kita dapat memperpanjang usia pakainya. Mata bor dapat bertahan dalam kondisi baik sehingga pekerjaan kita efektif dan bahkan efisiensi dapat ditingkatkan dengan menghemat dalam pembelian mata bor baru.

Untuk dapat merawat mata bor, berikut beberapa tips:

Sesuaikan putaran (RPM) mesin bor dengan diameter mata bor. Jika lubang yang ingin dihasilkan memiliki mdiameter besar, otomatis, mata bor yang dipergunakan juga besar. Diameter mata bor yang dipergunakan berbanding terbalik dengan RPM mesin bor: Semakin besarnya diameter mata bor berarti semakin rendah putaran mesin yang dipergunakan.

Jenis & kekerasan material benda yang akan dibor juga berpengaruh dengan putaran (RPM) mesin bor. Semakin keras material bendanya, semakin lambat RPM yang dipergunakan. Mengebor besi berbeda dengan mengebor kayu. Untuk besi, RPM yang dipergunakan lebih lambat dibandingkan dengan RPM untuk kayu. Jika menggunakan RPM yang sama, maka dapat menimbulkan percikan api dan juga akan merusak mata bornya.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Mengasah Mata Bor yang Tumpul dan Penggunaanya Depok

Mengerti dan melakukan cara mengebor dengan aman dan tepat juga akan menambah usia pakai mata bor. Anda dapat membacanya dengan lengkap di sini.

Menjaga temperatur mata bor untuk tidak kelewat panas (over heat), sehingga mata bor tidak cepat aus dan tumpul. Hal ini juga akan memperpanjang usia pakainya. Mata bor jika digunakan terus menerus atau untuk waktu yang panjang, akan meningkat temperaturnya, maka sebaiknya berikan jeda waktu untuk berhenti sejenak supaya temperaturnya turun. Untuk material yang keras, berikan pelumasan dengan minyak pelumas untuk mendinginkan mata bor.

Biasakan untuk membersihkan mata bor setelah digunakan. Kerak material yang menempel pada mata bor dapat menyebabkan karat dan mengakibatkan bidang potongnya tumpul.

Jika sudah mulai tumpul, asahlah mata bor dengan gerinda. Hal ini perlu keahlian khusus. Kita dapat menghubungi bengkel las atau toko besi untuk mengasahnya.

Simpan mata bor setelah dipergunakan di tempat yang kering. Hindari tempat lembab yang akan memicu karat pada mata bor.

Dengan beberapa tips ini diharapkan mata bor yang Anda miliki dapat berusia pakai lebih panjang dan pekerjaan yang dihasilkan pun tetap optimal.

Anda dapat memesan dan membeli semua barang yang ada pada artikel di atas, anda dapat memesan secara online di Tokopedia bukalapak Shoppie dengan nama toko bangunan citra. Anda dapat melihat seluruh katalog produk yang kami jual berupa bahan bangunan, alat teknik serta  barang sambungan ada juga alat alat safety. Toko citra terletak di jalan Margonda raya no 473 Depok, posisi sebrang RS bunda Margonda depok. Anda dapat chat WhatsApp di 0857 100 3 2801.Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra Alamat Kami di www.materialbahanbangunan.com/alamat. Toko kami buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 8 malam. Kecuali hari Minggu, Rabu dan Kamis kami buka dari jam 7 pagi dan tutup jam 5 sore selamat berbelanja…


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.