Tips Dan Trik Ketahui Cara Kerja Septic Tank Dan Cara Merawatnya

Toko bangunan dan alat teknik citra Depok Cinere Beji Citayam Bojong Bekasi studio alam sawangan Parung Bogor Cimanggis Cibinong Cikarang pondok Cina Jakarta. Halo customer Toko bangunan, alat teknik dan sambungan Depok citra baik reseller dan dropshiper. Kami dapat menjadi supplier anda, kami akan melakukan pengantaran sesuai dengan pesanan anda, nama pengirim sesuai dengan nama anda . Kami memiliki 12.000 varian jenis barang dari bahan bangunan, alat teknik dan sambungan. Bila mau order kami siap melayani anda. Pada artikel ini Toko kami akan membahas Tips dan Trik Ketahui Cara Kerja Septic Tank dan Cara Merawatnya

Setiap hunian pasti memerlukan kloset. Wajib hukumnya pula bagi setiap hunian untuk memiliki septic tank agar dapat membuang limbah tinja sehingga tidak tersalur ke sungai atau sumber air lainnya karena dapat mencemari lingkungan dan mendatangkan berbagai macam penyakit.

Untuk kamu yang sedang membangun rumah, tentu saja pembuatan septic tank sangat wajib untuk dilakukan. Sebagai referensi, berikut cara kerja dan kiat perawatan septic tank yang bisa kamu lakukan di bawah ini:

Cara Kerja Septic Tank

Secara umum, septic tank merupakan wadah pengolahan limbah cair atau blackwater yang berasal dari kloset hunian. Memiliki fungsi lebih dari sekadar tempat penampung air limbah, konstuksi septic tank perlu diperhatikan karena nantinya limbah akan diresapkan ke dalam tanah atau disalurkan pada tempat pengolahan skala besar.

Konstruksi septic tank umumnya dilengkapi sekat dinding bata dengan penutup beton dan penutup kontrol pada bagian atasnya, serta pipa T untuk memaksimalkan udara supaya dapat masuk ke dalam septic tank. Adapun, udara atau oksigen yang masuk memiliki fungsi untuk menyuburkan bakteri untuk memusnahkan kotoran di dalam wadah pengolahan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  4 Jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Cara Menggunakannya Depok

septic tank terkubur di tanah

Idealnya, konstruksi septic tank menyesuaikan ketinggian air tanah dan disesuaikan menurut jenis tanah di hunian. Selain itu, perhatikan jarak dengan sumber air bersih yang setidaknya melebihi 10 meter agar tidak terjadi infiltrasi limbah dan hanya digunakan untuk melayani maksimal 5 rumah supaya proses pengolahan limbah cair lebih optimal.

Perhatikan Sumur Resapan Septic Tank :

pria mengangkat pipa limbah ke septic tank

Salah satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah sumur resapan. Setelah kotoran dihancurkan di dalam septic tank, limbah cair akan mengalir ke sumur resapan yang jaraknya berdekatan. Idealnya, pembuatan sumur resapan disesuaikan menurut jumlah septic tank yang tersedia.

Dalam pembuatannya, sumur resapan terdiri dari berbagai macam elemen seperti ijuk, kerikil, pasir hingga batu karang berongga. Selain itu, terdapat pula pipa limbah berukuran 2 ½ inci untuk memudahkan penyebaran air limbah mengalir.

tangki untuk proses air limbah dalam septic tank

Lalu di antara saluran tersebut, terdapat bak kontrol yang difungsikan untuk memantau saluran limbah saat terjadi genangan atau hambatan dan dibuat menggunakan beton dengan besi pegangan untuk memudahkan pembukaan.

Perhatikan Jenis Pembuangan Limbah :

petugas menguras limbah dari septic tank

Septic tank hanya dapat mengolah limbah berupa feses sehingga tidak disarankan untuk membuang air bekas mandi atau cucian. Selain itu, hindari pembuangan bahan-bahan kimia seperti cairan pembersih lantai atau pemutih baju supaya proses pengolahan limbah tidak terhambat ataupun membuang benda lain selain feses ke dalam toilet seperti pembalut atau tissue karena akan menghambat saluran.

Perhatikan Pengurasan Tangki Septic Tank :

menguras septic tank dengan selang

Disarankan, kamu melakukan pengurasan tangki septic tank setiap tiga tahun sekali. Namun, lakukan pengurasan dengan meminta bantuan ahli yang memiliki alat kuras khusus karena lumpur feses hasil pengolahan masih berbahaya bagi manusia dan lingkungan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Saat Musim Hujan, Atasi Septic Tank Yang Sudah Penuh Dengan 4 Cara Ini?

Dilarang Membuang Lumpur Septic Tank Ke Sungai!

selang dimasukkan dalam septic tanki

Dalam pembuatan septic tank, hindari menyalurkan lumpur melalui sungai atau tempat terbuka karena dapat mengontaminasi lingkungan. Lumpur limbah harus dibuang ke tempat yang sudah direncanakan, misalnya Instalasi Pengolah Lumpur Tinja (IPLT) yang berada di kawasan tempat tinggalmu.

Cara kerja singkat dan kiat perawatan septic tank di atas harus kamu perhatikan supaya dapat menciptakan lingkungan bersih sehat, bebas penyakit dan membuat resapan air bersih aman untuk dikonsumsi. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas septic tank di hunian kamu.

Anda dapat memesan dan membeli semua barang yang ada pada artikel di atas, anda dapat memesan secara online di Tokopedia bukalapak Shoppie dengan nama toko bangunan citra. Anda dapat melihat seluruh katalog produk yang kami jual berupa bahan bangunan, alat teknik serta  barang sambungan ada juga alat alat safety. Toko citra terletak di jalan Margonda raya no 473 Depok, posisi sebrang RS bunda Margonda depok. Anda dapat chat WhatsApp di 0857 100 3 2801.Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra Alamat Kami di www.materialbahanbangunan.com/alamat. Toko kami buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 8 malam. Kecuali hari Minggu, Rabu dan Kamis kami buka dari jam 7 pagi dan tutup jam 5 sore selamat berbelanja…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *