pengenalan dasar jenis dari mata bor

mata bor datang dalam berbagai macam bentuk dan ukuran. Namun, bor standar umumnya dirancang untuk kayu, logam, atau batu. Selain itu, mata bor yang dirancang untuk logam biasanya dapat digunakan pada bahan lembut seperti kayu atau plastik, jadi kalau kamu punya mata bor besi ya bisa buat kayu juga.

Mata bor tersedia dengan berbagai pelapis dan dapat dibuat dari sejumlah bahan yang berbeda. berikut beberapa jenis mata bor

mata bor yang Digunakan untuk Kayu
Ada tiga jenis utama dari bor kayu, bit titik yaitu straight bit / ball bit, auger bit / mata bor biasa, dan bit dayung / mata bor kipas. Selain itu, ada bit khusus yang sesuai untuk tugas-tugas woodworking tertentu.

Brad Titik Bits
Brad titik bit juga dikenal sebagai dowel atau W-titik bit. Mereka dapat dikenali oleh titik kecil di ujung bit. Fitur bit taji di kedua sisi titik yang dirancang untuk memotong bersih, lubang lurus di semua jenis kayu. Karena tepi memotong kayu sebelum tengah menerobos, bit tidak ambil. cincin karet kecil yang muat sedikit untuk memungkinkan pengguna untuk memilih kedalaman yang ingin di bor.

anda bisa membeli nya disini https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=straight

Auger Bits
Auger bit digunakan untuk membuat besar, dalam, lubang akurat dalam kayu kering.Mereka fitur spiral shaft yang datang ke tipis, poin berulir. ini adalah mata bor biasa itu.

anda bisa melihat dan membeli disini https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=auger+bit
Paddle Bits / mata bor kipas
Bit Paddle juga disebut kayu bit sekop. Bit ini memiliki ujung runcing yang dimulai lubang. Pisau sekop berbentuk berikut untuk mengebor lubang besar, lebar. Dengan bit sekop, ukuran bit ini biasanya ditunjukkan pada wajah dayung ini. Ukuran berkisar 6-38 milimeter dengan diameter.
anda bisa membeli nya disini https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=bor+kipas

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Tips dan Cara Menggunakan Bor Listrik Untuk Berbagai Pekerjaan Depok

Khusus Woodworking Bits
Beberapa bit kurang umum dan dianggap khusus woodworking bit.

Bit countersink digunakan untuk mengebor lubang dan memotong ruang untuk kepala sekrup. Menggunakan bit ini adalah cara yang bagus untuk mencegah kayu dari membelah. Bor / bit countersink menggabungkan bor dan countersink sedikit untuk menawarkan satu solusi semua untuk pengeboran lubang untuk countersunk-kepala sekrup. Sebuah plug cutter digunakan untuk memotong colokan kayu yang menutupi kepala sekrup. Steker dihapus melalui lubang sisi dalam bit.

Bor Bits Digunakan untuk Logam
Logam bit juga dikenal sebagai kecepatan tinggi baja (HSS) atau mata bor berputas. Mereka biasanya berwarna hitam dan dapat digunakan untuk kayu dan plastik. Sementara HSS bit dapat digunakan untuk plastik pengeboran dan kayu.

anda bisa mendapatkannya disini https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=bor+besi

Mengurangi Shank HSS Bits
Mengurangi shank HSS memungkinkan seseorang untuk mengebor sebuah lubang yang lebih besar dari chuck bor. Jika seseorang memutuskan untuk menggunakan bor percontohan sebelum membuat lubang,

HSS Rivet Bits
mata bor ini secara khusus dirancang untuk pengeboran lubang untuk paku rifet. Mereka sering memiliki seruling pada kedua ujungnya. rivet bit dibuat untuk mengebor lubang dangkal melalui logam tipis. Lubang harus lebih besar dari rivet nya.

Masonry Bor Bits
Bit Masonry bor dirancang untuk mengebor ke berbagai permukaan batu. mata bor ini sering memilikibadan besi yang terbuat dari bahan ekstra-keras. Karena berbagai bahan yang digunakan ketika membuat mata bor ini, warna dapat bervariasi. Masonry bit cenderung cepat panas saat digunakan. tips nya harus sering menarik mata bor untuk mendinginkan, dan harus menggunakan kecepatan pengeboran yang benar.

Bits rotary
Bit rotary memiliki tips karbida untuk menambah kekuatan dan daya tahan. Mereka dapat digunakan untuk mengebor ke batu, bata, beton, dan semen tanpa kehilangan banyak ketajaman dan tanpa rusak.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  MATA BOR

Perkusi Bits
Perkusi bit dirancang untuk digunakan dengan fungsi palu. Menggunakan fungsi palu memungkinkan seseorang untuk menembus batu lebih mudah.

Diamond Bits
Diamond bit digunakan untuk menembus batu keras. Mereka juga dapat digunakan pada porselen keramik. harus memulai pengeboran pada sudut 45 derajat untuk menghentikan bor dari tergelincir. Bor dapat diluruskan perlahan selama pengeboran. Untuk kinerja yang tepat, mata bor perlu disediakan dengan air terus-menerus dan itu harus digunakan pada kecepatan yang sangat lambat.

Multi-Purpose Bits
Multi – tujuan bit dapat digunakan dalam kedua mode bor rotary dan palu sebagai mereka fitur khusus berlian tanah. Mereka dapat digunakan untuk mengebor melalui hampir apa pun jenis yang akan ditembus, termasuk plastik, kayu, ubin keramik, batu, dan logam.

Drill bit khusus
Selain batu, logam, dan potongan-potongan kayu, ada berbagai macam bit khusus yang tersedia yang dibuat untuk tugas tertentu atau untuk menyesuaikan jenis tertentu dari mekanisme chuck, dan mereka kemungkinan besar tidak akan bekerja dengan jenis lainnya.

Kaca dan ubin bit memiliki tips mata bor yang berbentuk tombak. Ini dapat menembus genteng atau sepotong kaca sebelum memperbesar lubang dengan diameter dasar ujung itu.

Set Drill Bit
Mereka yang melakukan banyak pengeboran mungkin lebih memilih untuk berinvestasi dalam satu set bor. Salah satu harus selalu menggunakan mata bor yang dirancang untuk pekerjaan tertentu karena hal ini akan meningkatkan umur dari mata bor tersebut. Beberapa set hanya berisi satu jenis bit (misalnya batu bit), dan beberapa set mengandung berbagai bit umum digunakan (seperti ukuran umum yang diperlukan untuk kayu, logam, dan batu).

Bahan Digunakan untuk Bor Bits
Bit karbon-baja yang kuat dan tahan lama dan dapat ditajamkan ulang. Ini adalah bahan yang populer untuk auger bit. Beberapa bit batu datang dengan poros chrome-vanadium untuk meningkatkan daya tahan. mata bor hitam oksida HSS tahan dua kali lebih lama dari mata bor konvensional. Mata bor logam yang lebih tinggi-end sering datang dengan lapisan nitrida titanium yang memperpanjang hidup mata bor nya ‘, dengan bit ini berlangsung empat sampai enam kali lebih lama daripada mata bor konvensional lainnya. Lapisan ini mengurangi panas build-up dan meningkatkan pelumasan. Pelapis zirkonium memberikan mata bor penurunan gesekan dan memperpanjang umur mata bor. Cobalt bit logam sangat tahan terhadap abrasi dan suhu tinggi. Mereka digunakan ketika pengeboran ke bahan-bahan seperti aluminium, besi cor, perunggu, dan baja cor.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Menggunakan Mesin Bor dengan Benar

Mengikuti tips di bawah ini akan meningkatkan umur bit seseorang bor dan meningkatkan kinerja mereka.
tips untuk mata bor anda bisa awet

Ketika pengeboran bahan keras, menggunakan kecepatan pengeboran lambat.Sebaliknya, bahan lembut memerlukan kecepatan yang lebih cepat.
Biarkan agak dingin secara alami. Jangan merendam dalam air untuk mempercepat proses pendinginan.
Angkat bor sesering ini membersihkan chuck nya dan memungkinkan udara untuk mencapai bit, pendinginan itu.
Menciptakan pusat lubang pukulan berarti pengeboran lebih akurat.
Selain itu, kita harus selalu memakai pakaian pelindung yang sesuai ketika beroperasi alat-alat listrik.