Cara Mudah Memotong Bata ringan

Cara Mudah Memotong Bata ringan

pada saat ingin memasang bata ringan tentu kita akan menjumpai bagian bagian dimana bata ringan tersebut perlu kita potong. hal itu bisa dikarenakan ada yang pecah atau memang ada sudut tertentu yang memerlukan pemotongan. ada beberapa hal yang kita harus perhatikan dalam pemotongan bata ringan yaitu:

1. Buat garis dengan Penggaris Siku

anda bisa mendapatkan penggaris siku di https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=penggaris+siku

2. Potong Bata Ringan Priority One dengan gergaji

bisa ada dapatkan di https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=gergaji+bata

Berikut Langkah -Langkah Pemasangan Bata Ringan

  1. Memasang bata ringan dengan menggunakan mortar

Untuk membuat dinding kita membutuhkan media/material intinya yaitu bisa batu bata, batako, bata ringan dsb yang bersifat partisi non struktural. Media ini perlu direkatkan satu sama lain menggunakan bahan pengikat. Sebelum bicara produk mortarnya terlebih dahulu untuk pasangan bata ini umumnya orang menggunakan campuran semen-pasir perbandingan 1:3 sampai 1:4. Spesi atau jarak antar media bata antara satu sampai dua centimeter untuk bata merah dan batako, sedang bata ringan lebih kecil lagi bisa stengah centi sampai satu centimeter untuk spesinya, ini kalau kita menggunakan campuran semen-pasir biasa. Anggap saja tukang yang mengerjakan sudah mahir dan jago dalam hal memasang bata ini jadi kita ga perlu lagi mengingatkan alat-alat tempurnya antara lain sendok semen untuk mengaduk sampai memasang, ember, palu karet, unting-unting untuk ngelot, benang dsb. https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=mortar

Apabila pilihan bahan perekat jatuh ke produk mortar maka ya tinggal beli aja di toko bahan bangunan terdekat. maksud saya ada banyak pilihan produk mortar tergantung dari kegunaannya, ada yang khusus untuk masang bata merah, khusus untuk masang bata ringan, atau untuk sapu jagat yakni mortar untuk masang segala media ya untuk bata merah ya untuk bata ringan ya untuk yang lain. Untuk pasangan bata merah biasanya spesi kurang lebih 1 cm, sedangkan untuk pasangan bata ringan misal: hebel jarak spesinya bisa sampai 3 mm saja, cukup hemat bukan? Yang menarik adalah perbedaan pada pasangan bata ringannya, kalau pasangan bata merah bila dibandingkan dengan konvensional yah ga terlalu beda jauhlah hasilnya dengan produk mortar, saran saya apabila pilihan media adalah bata ringan sebaiknya sangat dianjurkan untuk memakai produk mortar, untuk lebih hemat & lebih cepat pengerjaan dan lebih baik hasilnya/daya rekat lebih lengket. Kalau untuk masang bata ringan pakai campuran konvensional pasti boros adukan karena spesi bisa tebal tidak setipis menggunakan produk mortar. Tapi pertanyaannya boleh ga pake adukan semen pasir biasa untuk memasang bata ringan misal hebel, ya boleh-boleh saja. dinding juga bisa berdiri tanpa adukan mortar, Yang pasti daya rekat antar media bata ringan menggunakan bahan mortar lebih baik dari adukan semen pasir biasa. Selain itu pekerjaan juga lebih cepat karena memakai produk mortar juga sepatutnya juga menggunakan tools/alat yang direkomendasikan untuk pengaplikasiannya, dalam hal ini thinbed atau pasangan menggunakan alat yang dinamai dengan sebutan trowel bergerigi.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  kabel ties/ kabel plastik/ kabel pengikat/ kabel ikat/ kabel kuat/ label tis

Lalu apa perbedaan dari aneka produk mortar yang ada itu? Ya daya rekatnya itu sendiri, biasanya kekuatan daya rekat ditest menggunakan sebuah alat bernama Pull Off Tester. Pull Off Test atau biasa disebut test tarik adalah sebuah metode pengetesan yang akan menggambarkan sekaligus mengetahui seberapa kuat daya tarik atau daya lengket dari material pembentuk mortar tersebut terhadap media yang diaplikasikannya. Standar untuk test uptarik ini mengacu pada DIN ataupun JIS. Keduanya mensyaratkan angka tertentu dengan satuan N/mm2 atau Kg/cm2. Selain kelengketan masing-masing produk hal lain yang membedakan adalah daya sebar atau istilahnya ‘coverage’ dari aplikasi mortar itu. Coverage masing-masing produsen berbeda-beda tapi ngga terlalu jauhlah, ada yang mengklaim bisa lebih mengcover lebih banyak dan paling lengket. kami disini menyediakan pelekat bata ringan.

Untuk aplikasinya sendiri ya persiapan peralatan harusnya sudah lengkap seperti benang, waterpass, trowel bergerigi palu karet dll, Untuk  penggunaan palu karet sangat dianjurkan sekali malah untuk beberapa produsen merupakan ‘kewajiban’ yang harus dipenuhi/disediakan untuk penggunaannya, alasannya sederhana ya untuk memberikan tekanan yang cukup pada bata ringan saat akan ditempelkan dan tekanan tersebut tidak akan menimbulkan retak/pecahnya bata ringan tsb, bata jadi lebih nempel dan rata pada aplikasinya, kan kalo pake palu besi biasa pas ngetok bata ringannya eehh tiba-tiba patah/rusak bata ringannya alias pecah. Tapi kan tukang di lapangan ga bego-bego amat ya, mereka kalau tidak ada palu karet ya menggunakan palu besi biasa akan tetapi untuk memberikan tekanan pada saat ditempelkan bukan pada kepala besi palu tersebut tetapi gagang kayunya yang mereka getok-getok diatas bata ringan. Ya tetep aja tidak rekomen model aplikasi ala kadarnya dari para tukang tersebut, dan sebaiknya tetap gunakanlah palu karet. Sedangkan trowel bergerigi difungsikan sebagai alat untuk memoles adonan/adukan mortarnya diatas bata ringan, sehingga memiliki pola terusan ‘gerigi’ yang apabila direkatkan satu sama lain akan saling mengisi, ini untuk menghindari adukan tidak merata melapisi bata ringan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  gunting kawat / pemotong kawat / cutters / wire cutter

Perekat pasangan media ini terdiri dari bahan-bahan campuran yang sama dengan plester juga maksudnya ya ada semennya, pasir gradasi tertentu, kapur dan additive, ya itu-itu aja komposisinya, tapi satu dan lain produsen memiliki formulasi yang berbeda untuk racikannya, terlebih additive yang digunakan cukup beragam jenisnya. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com dan www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”.

Material bata ringan ini pembuatannya sudah sangat modern dimana material ini dibuat dengan menggunakan mesin pabrik. Bata ini cukup ringan, halus dan memilki tingkat kerataan yang baik. Bata ringan ini diciptakan agar dapat memperingan beban struktur dari sebuah bangunan konstruksi, mempercepat pelaksanaan, serta meminimalisasi sisa material yang terjadi pada saat proses pemasangan dinding berlangsung.

Optimisme pertumbuhan ekonomi yang terus menunjukkan tren positif, berdampak lurus dengan pembangunan yang terus berkembang. Seiring dengan perkembangan ini, maka kebutuhan akan gedung dan perumahan pun terus merangkak naik sejalan dengan kebutuhan manusia modern.

Pembangunan gedung dan perumahan pun mulai menapaki teknologi modern dan perlahan-lahan meninggalkan metode lama, demi mendapatkan efisiensi dan efektifitas secara ekonomi, waktu, dan keamanan.

Melihat besarnya peluang ini, maka Kami mempersembahkan sebuah inovasi dalam pmbangunan rumah yaitu dengan bata ringan. dapatkan berbagai keperluan untuk pemasangan bata ringan dengan mengunjungi toko kami yang beralamat https://materialbahanbangunan.com/alamat/
Toko kami buka SETIAP HARI jam 7 pagi dan tutup jam 8 malam. Kecuali hari Minggu-Rabu-Kamis kami buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 Sore. menyediakan lebih dari 9000 varian Alat teknik dan bangunan, “tanya-tanya aja dulu. gak beli gapapa bos”

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Kain Ball atau Kain Ball Kiloan

Anda juga bisa berbelanja di toko kami secara online di https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=bata+ringan Dan kami akan mengirimkan barang pesanan anda.
atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 085710032 801

khusus pemesanan barang barang yang besar

0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

Umum = pelanggan baru? call / WA kesini 0896-9596-9949 (bisa whatsapp / WA dan telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com dan www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesanan Anda.