Cara Membuat Adonan Semen

Cara Membuat Adonan Semen

Penyimpanan semen

Semen adalah bahan bangunan yang sangat mudah menyerap air (uap atau kelembaban). Semen sebaiknya tidak disimpan di tempat yang lembab. Sedikit saja semen bersentuhan dengan udara lembab atau lingkungan berair, maka semen akan “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” menyerap kelembaban itu dan membuatnya jadi keras dan tak dapat digunakan. Salah satu cara untuk mencegah ini terjadi adalah dengan tidak meletakkan karung semen di atas permukaan tanah/lantai secara langsung. Untuk menyimpan sak semen, sebaiknya diberi alas plastik, karton, atau kayu.

2. Jenis semen yang tidak sesuai dengan peruntukan

Dalam membuat adukan semen, sebaiknya Anda perhatikan jenissemennya. Membuat adukan semen untuk bendungan tidak bisa menggunakan semenuntuk membangun rumah. Gunakanlah semen khusus untuk membuat saluran irigasi,dam, bendungan, dan bangunan tepi pantai. Semen semacam ini tahan terhadapsulfat.

3. Pencampuran semen dan pasir tidak sempurna

Dalam membuat adukan semen, sebelum dicampur air, campursemen dan pasirnya harus rata terlebih duhulu. Yang sering terjadi, tukangmenambahkan air padahal campuran semen dan pasir belum rata. Padahal, semen danpasir yang tidak tercampur rata membuat kualitas permukaan dinding jadi tidaksama. Ada bagian yang kuat, dan ada bagian yang mudah rontok. Aduk semen denganpasir hingga rata, dan jika sudah rata buatlah lubang di tengah-tengahnya.Lubang tersebutlah yang nantinya akan diisi air. Air yang digunakan janganterlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit karena akan memengaruhi kualitasadukan semen.

4. Kualitas pasir tidak baik

Gunakanlah pasir yang kualitasnya baik. Jangan menggunakanpasir yang mengandung tanah, tanah liat, dan atau lumpur. Pasir semacam inimembuat campuran jadi boros semen dan daya rekatnya kurang. Gunakanlah pasiryang bersih dan bebas dari kandungan tanah dan lumpur, misalnya pasir darigunung berapi atau dari pantai yang sudah dicuci.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Momento Dari Nippon Paint, Cat Tembok Berasa Wallpaper Depok Jakarta

5. Perbandingan komposisi yang tidak tepat

Beda ruangan yang dibangun, beda pula jenis adukan semennya.Komposisi semen dan pasir untuk kamar mandi tidak sama dengan komposisiplesteran dinding. Perbandingan semen dan pasir untuk plesteran dinding adalah1:7–8, dan untuk kamar mandi 1:3–5. Untuk membuat campuran yang keras,perbandingan semen dan pasirnya adalah 4 : 2. Untuk membuat adukan semen untukjalanan, komposisinya adalah 4 rolli pasir, 2 sak semen, dan satu rolli koral.

6. Pengerjaan yang tergesa-gesa

Tembok retak biasanya disebabkan karena kesalahan dalam membuat plesterannya. Dalam mengerjakan plesteran, dinding bata atau batako seharusnya dibasahi terlebih dahulu. “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” Retak-retak ini muncul karena suhu panas dari batako mencari celah keluar. Jangan tergesa-gesa dalam mengerjakan bagian ini

Anda dapat memesan dan membeli semua barang yang ada pada artikel di atas, anda dapat memesan secara online di Tokopedia bukalapak Shoppie dengan nama toko bangunan citra. Atau kunjungi website kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=semen

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

BACA ARTIKEL YANG LAIN  5 Kelebihan Tangki Air Penguin Depok Jakarta

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *