Jenis – Jenis Kuas untuk Mengecat

Jenis – Jenis Kuas untuk Mengecat yang Harus kita Tahu

Dari jenis-jenis kuas untuk mengecat, tentu kita harus bisa memilihnya dengan tepat. Tetapi sebelum bisa memilih alat yang paling tepat digunakan, tentunya kita harus tahu dulu aneka jenis alat pengecatan tersebut.

Ada banyak cara untuk mengaplikasikan cat. Kita bisa menggunakan alat seperti roller hingga mesin – mesin canggih yang biasanya dipunyai industri furniture besar. “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” Namun selain berbagai alat tersebut, kuas menjadi alat yang paling banyak digunakan. Pemakaian kuas sangat beragam mulai dari mereka yang hanya ingin mengecat rumah dan mebelnya sendiri sampai produsen furniture skala internasional. Alat ini juga merupakan salah satu alat pengecatan paling tua.

Sebagai alat pengecatan, sudah barang tentu, kualitas kuas harus diperhatikan. Efek pemakaian alat ini akan secara langsung terlihat pada hasil pengecatan atau finishing. Oleh sebab itulah, kita harus membeli alat ini dengan kriteria yang tepat. Namun sebelumnya, tentu kita harus tahu terlebih dahulu apa saja macam-macam kuas untuk finishing yang ada di pasaran.

Jenis-jenis Kuas untuk Mengecat yang Harus Anda Tahu

1. Berdasarkan Bahan Bulunya

Berdasarkan bahan bulunya, kuas bisa dibedakan menjadi sintetis dan natural atau alami. Yang sintetis bisa terbuat dari polyester, nylon, maupun campuran keduanya. Sedangkan yang alami biasanya terbuat dari bulu banteng dan mudah kita dapatkan pada kuas-kuas china (Chinese brush).

Bila Anda hendak mengecat dengan cat berpelarut air (pengencernya air), gunakanlah kuas dari bahan sintetis. Sebab bahan alami cenderung terkulai dan menggumpal bila terkena air (seperti rambut kita). Sedangkan untuk cat solvent based (berbasis minyak), Anda bisa menggunakan bulu alami maupun sintetis.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Menghilangkan Noda Porstex Pada Tegel

2. Gagangnya

Jenis-jenis kuas untuk mengecat juga bisa dibedakan dari gagangnya. Ada yang gagangnya pendek, sedang, hingga panjang. Perhatikan gambar di bawah ini. Bentuk gagang juga beragam, ada yang berbentuk kotak saja, namun ada yang berbentuk oval di ujungnya.

Berdasarkan Ukurannya

3. Berdasarkan ukurannya ada kuas yang ukurannya kecil, sedang, hingga lebar. Berikut ini ragamnya:

– Ukuran kurang lebih 1 inchi atau 2,5 cm. Biasanya alat ini digunakan untuk mengecat area-area yang sempit atau produk yang memang ukurannya kecil.

– Ukuran 2 inchi atau 5 cm. Biasanya digunakan untuk mengecat area yang tak terlalu lebar. Misalnya saja untuk mengecat kaki meja.

– Ukuran 3 inchi atau 7,5 cm. Biasanya kuas ini digunakan untuk mengecat tembok.

– Ukuran 4 inchi atau 10 cm. Biasanya juga digunakan untuk mengecat tembok

Tapi ada juga yang rentang ukurannya lebih dari itu. Biasanya tiap brand atau merk kuas menyediakan rentang ukurannya sendiri-sendiri

4. Berdasarkan Ketebalannya

Jenis-jenis kuas untuk mengecat berikutnya bisa dibedakan atas ketebalannya. Berdasarkan ketebalannya, ada yang tebal, tipis, hingga sedang. Perhatikan dengan baik ya. Pasalnya tiap merk atau produsen kuas biasanya punya standar sendiri-sendiri. Pilihlah yang paling sesuai kebutuhan. Misalnya, bila Anda hendak mengecat dengan lapisan yang tipis, pilihlah yang bulunya tak begitu tebal.

5. Berdasarkan Pemakaiannya

Berdasarkan pemakaiannya, ada kuas yang didesain untuk daerah melekuk atau miring hingga yang mendatar. Anda bisa membedakannya dengan melihat kemiringan alat tersebut.

Berdasarkan Merk dan Harganya

Di pasaran, telah “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” tersedia berbagai brand atau merk kuas dengan harganya masing-masing. Kenalilah merek-merek yang paling banyak dijumpai berikut ini.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Tips Memilih Gerinda Tangan Yang Benar Depok Jakarta

Kuas cat eterna

Kuas OMCO

Kuas SKR

Kuas HSG

Masih ada lagi sebenarnya merk-merk kuas yang lainnya. Dari berbagai merk tersebut, spesifikasinya pun berbeda-beda. Misalnya eternal terdiri dari beberapa varian yang kualitasnya berlainan. Demikian juga OMCO, SKR, maupun HSG.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=kuas+cat

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *