Mengenal Jenis – Jenis Amplas dan Fungsinya

Mengenal Jenis – Jenis Amplas dan Fungsinya

Amplas adalah salah satu alat yang dibutuhkan untuk menghaluskan permukaan media yang mau difinishing, baik kayu, besi, maupun jenis material lainnya. Memilih jenis-jenis amplas yang tepat sangat penting agar terhasilkan hasil finishing yang bagus.

jenis-jenis amplas yang digunakan dalam proses finishing

Amplas bisa dikatakan merupakan salah satu alat yang mutlak ada pada saat kita melakukan pekerjaan finishing. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” Karena salah satu kunci keberhasilan proses finishing adalah media yang teramplas secara baik dan benar sehingga siap untuk diaplikasikan bahan finishing. Proses pengampalasan yang benar akan memudahkan proses aplikasi bahan finishing.

Secara umum, proses pengamplasan dilakukan secara manual, hand tool dan menggunakan mesin. Pemilihan jenis amplas harus disesuaikan dengan cara aplikasi yang akan dilakukan. Jika Anda ingin mengerjakan dengan cepat maka Anda bisa menggunakan alat belt sander yang akan mempercepat Anda dalam bekerja menggunakan mesin.

Jika Anda hanya mengerjakan untuk kebutuhan hobi atau untuk kebutuhan sendiri yang tidak diburu waktu, maka Anda bisa mengaplikasikannya secara manual menggunakan tangan. Tidak usah khawatir, dengan memilih nomer amplas yang tepat, walaupun dikerjakan secara manual bisa diselesaikan dengan lebih mudah.

Sebelum masuk ke dalam teknik aplikasi, mengenal jenis-jenis amplas sangat penting. Dengan mengenal berbagai macam jenis amplas maka pengerjaan akan lebih mudah dengan hasil yang sesuai. Lantas, apakah sebenarnya amplas itu dan apakah fungsinya hanya untuk menghaluskan permukaan kayu atau besi saja?

Secara umum, amplas adalah kertas atau kain yang di salah satu permukaannya telah diberi bahan yang cukup kasar seperti butiran pasir. Sehingga acapkali disebut sebagai kertas atau kain pasir. Tentu saja untuk aplikasinya Anda perlu menyesuaikan dengan tujuan pengamplasannya.

Fungsi Amplas Secara Umum

amplas halus

Fungsi dari amplas adalah untuk menghaluskan permukaan suatu benda dengan cara digosok-gosokkan. Permukaan kasar pada amplas itulah yang akan digunakan untuk  menghaluskan permukaan, menghilangkan lapisan lama seperti cat yang sudah lama.

Akan tetapi amplas juga bisa berfungsi kebalikannya. Tidak hanya untuk menghaluskan tetapi juga bisa digunakan untuk membuat permukaan menjadi kasar. Misalnya untuk permukaan yang akan dilem.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Rincian Biaya Ternak Lele di Kolam Terpal Yang Harus Anda Siapkan Depok

Jenis-Jenis Amplas Berdasarkan Material Pembuatnya

1. Garnet, kertas amplas ini terbuat dari bahan natural dan biasanya digunakan pada berbagai macam jenis kayu. Amplas jenis ini sangat baik dan mudah untuk digunakan tetapi lebih cepat halus dibandingkan dengan kertas amplas lainnya.

2. Silicone carbide, kertas amplas ini sangat bagus digunakan untuk material seperti titanium, besi, tembaga, kuningan, plastik, karet, kaca, batu maupun kayu. Sangat cocok digunakna pada material yang akan dilem. Hasil pengamplasannya sangat rapi karena dapat mengangkat seluruh permukaan kasar yang masih menempel pada kayu.

3. Alumunium oxide, bahan kertas amplas ini digunakan khusus untuk material kayu, metal, stainless steel, kulit, dan cat. Permukaannya lebih halus dibandingkan dengan silicon carbide tetapi mampu bertahan lebih lama.

4. Ceramic, bahan ini cukup mahal karena dapat mengamplas dengan kuat dan tahan lama. Sering digunakan untuk mengamplas material baja berbasis kobalt dan nikel maupun baja tempa.

5. Alumina zirconia, kertas amplas ini sangat keras dan tahan lama. Apabila Anda akan mengamplas menggunakan alat / mesin, Anda bisa menggunakan kertas amplas ini.

jenis-jenis kertas amplas yang dibedakan berdasarkan no grit amplas, yaitu sebagai berikut:

– Permukaan yang sangat kasar, kertas amplas yang tergolong dalam pembagian ini adalah kertas amplas yang memiliki grit 40 hingga 80. Apabila kertas amplas memiliki permukaan sangat kasar maka Anda bisa menggunakannya pada permukaan yang sangat kasar untuk mempercepat proses penghalusan.

– Permukaan kasar medium, kertas amplas ini memiliki ukuran 100 hingga 150 grit. Jika Anda masih ingin menghaluskan permukaan agak kasar setelah menggunakan amplas grit 80 maka Anda bisa melanjutkan dengan grit 100 hingga 180 ini.

– Permukaan halus, jenis kertas amplas ini memiliki sisi yang sangat halus dengan tingkat grit 180 hingga 220. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang sangat halus maka Anda bisa menggunakan amplas dengan grit ini.

– Permukaan ekstra halus. Amplas jenis ini ( 240 – 400 )biasanya digunakan digunakan pada proses finishing untuk pengamplasan ambang yang biasa dilakukan untuk menghaluskan lapisan cat sebelum ditimpa dengan lapisan cat berikutnya.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Pentingnya Memasang Kasa Jaring Anti Nyamuk Pada Ventilasi Rumah Anda

– Permukaan super halus. Biasanya digunakan untuk melicinkan permukaan ( 400 – 600 ). Ada pula jenis micro fine ( 800 – 1200 ) untuk kebutuhan kertas amplas sangat halus.

Gunakan Amplas Sesuai Peruntukannya

Jika Anda sudah mengenal jenis – jenis amplas tentu saja selanjutnya adalah memilih amplas tersebut sesuai tujuan penggunaannya. Jika Anda akan menggunakan amplas maka ada dua jenis cara yang harus Anda lakukan yaitu pertama adalah dengan blok kayu dan kedua adalah menggunakan mesin.

Jika Anda memilih menggunakan tangan tentu saja hasil amplas tidak bisa rata karena tekanan tangan yang tidak rata. Apabila Anda menggunakan blok kayu yang dibalut dengan kertas amplas tentu saja hasilnya akan sama rata. Sama halnya jika Anda menggunakan mesin amplas, karena permukaan dari belt sama sehingga Anda juga akan mendapatkan hasil yang sama rata.

Apabila Anda akan mengerjakan finishing amplas dengan grit yang rendah maka Anda dapat menggunakan pada material yang memiliki permukaan sangat kasar. Permukaan yang kasar tentu saja membutuhkan bahan amplas yang juga kasar sehingga Anda tidak akan boros amplas.

Jika Anda langsung menggunakan amplas dengan nomor tinggi seperti di atas 200 maka Anda akan boros amplas. Selain itu juga membutuhkan waktu pengamplasan yang sangat panjang. Jadi jika proyek Anda masih berbentuk kayu mentah atau kayu yang sangat kasar maka dibutuhkan kertas amplas no 50 hingga 80. Anda bisa memilih amplas berbahan garnet atau jenis alumunium oxide yang lebih tahan lama.

Jika Anda akan melakukan re-finishing dan ingin menghilangkan lapisan coating lama, maka Anda bisa memulai dengan menggunakan grit 100 hingga 240. Anda dapat menggunakan mesin belt agar lebih cepat. Jika lapisan coating lama menggunakan cat solvent based sebaiknya gunakan masker karena serbuk amplas dari coating solvent dapat membahayakan kesehatan Anda.

Jika Anda akan melakukan pengamplasan pada material besi baik itu akan refinishing maupun finishing awal, Anda bisa menggunakan silicone carbide dan dimulai dari nomor 100. Namun apabila besi tersebut berkarat maka Anda dapat menggunakan kertas amplas nomor 80. Kertas amplas ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan karat besi.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Genteng Kaca Depok Jakarta

Terakhir apabila Anda ingin menghasilkan proyek yang sangat halus maka Anda dapat menggunakan ceramic sandpaper yang diaplikasikan dengan mesin belt. Tentu saja jika Anda menggunakannya hasilnya akan sangat halus. Anda bisa menggunakannya pada veneer, plywood, dll. Itulah jenis-jenis amplas dan fungsi amplas secara umum.

Tahapan Pengamplasan Untuk Menyiapkan Media Kayu Siap Finishing

Sebelum proses finishing dilakukan, hal yang harus dilakukan adalah memastikan media kayu “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” siap untuk difinishing. Salah satunya dengan melakukan pengamplasan. Berikut tahapan pengamplasan media kayu agar siap untuk dilakukan proses finishing.

Setelah media kayu melalui proses ketam, serut, dll, di pengamplasan tahap pertama ini bisa menggunakan kertas amplas dengan grit nomer 80/100. Di tahap ini proses amplas ditujukan untuk memotong serat kayu yang besar maupun menghaluskan ujung-ujung yang bentuk dan tampilannya kasar dan tajam.

Tahap selanjutnya dilanjutkan dengan menggunakan amplas grit 120, 220, 240. Di tahap ini, proses pengamplasan dilakukan untuk menghaluskan permukaan kayu sekaligus membersihkan dari kotoran – kotoran yang membandel yang bisa menghambat penetrasi bahan finishing ke dalam substrat kayu.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=amplas

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *