Jenis – Jenis Mata Bor Dan Fungsinya Depok Jakarta

Jenis – Jenis Mata Bor Dan Fungsinya

Mata bor merupakan suatu alat yang berfungsi untuk membuat lubang pada kayu, plastik, dinding, besi, logam dan kaca.

Banyak sekali jenis dan ukuran lubang yang dapat dibuat dengan mesin bor, beda jenis beda pula fungsinya. Maka dari itu kita perlu menggunakan mata bor yang tidak hanya bagus tetapi bisa melubangi dasar apapun baik itu besi, kayu, beton dengan cepat dan mudah.

1. Twist Bits

Mata bor twist bits merupakan mata bor yang paling banyak digunakan. Mata bor ini dapat “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” digunakan pada mesin bor tangan dan mesin bor dudu, baik itu secara horizontal maupun vertikal. Mata bor twist bits digunakan untuk membuat lubang pada kayu, plastik dan logam. Ukuran yang tersedia yaitu 4 – 12 mm.

2. Masonry Bits

Mata bor Masonry Bits digunakan untuk membuat lubang pada tembok, beton dan batu. Pada ujung mata bor terdapat mata pisau. Mata bor ini terbuat dari bahan yang mempunyai karakteristik sangat keras, sebab penggunaan mata bor Masonry Bits ini selain berputar namun juga memukul. Tersedia dalam ukuran 4-15 mm.

3. Spur Bits

Mata bor Spur Bits dikenal dengan sebutan mata bor kayu. Pada bagian ujung mata bor ini terdapat bor runcing , dan pada bagian kelilingnya terdapat pisau pengiris.  Ujung runcing pada mata bor ini berfungsi untuk menjaga mata bor supaya tetap lurus sehingga lubang yang dihasilkan presisi. Ukuran yang tersedia ialah 6-15 mm.

4. Countersink Bits

Mata bor Countersink bits digunakan untuk membuat lubang pada kayu untuk kepala sekrup supaya permukaan sama rata. Pada bagian ujung mata bor ini bersudut 90 derajat yang berfungsi untuk membuat lubang 45 derajat terhadap permukaan kayu.

5. Forster Bit

Mata bor Forster Bit digunakan untuk membuat lubang engsel sendok. Mata bor ini sebaiknya dioperasikan dengan mesin bor duduk supaya lebih stabil.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  plitur pewarna finishing kayu

Jika dioperasikan dengan mesin bor tangan maka akan sangat sulit mengendalikan kestabilan posisi mata bor dan lubang yang dihasilkan pun kurang berkualitas.

6. Hole Saw Bits

Mata bor Hole Saw Bits disebut pula sebagai gergaji lubang sebab bentuk mata bor ini seperti gergaji dengan diameter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berdiameter sekitar 25-60mm.

7. Mata Bor Metal Standar

Mata bor ini digunakan untuk mengebor plat besi, kuningan, alumunium, dan akrilik. Terdapat dua jenis yang tersedia di pasaran yaitu High Speed Steel (HSS) dan HSS-Co ( Cobalt ). HSS-Co lebih keras dari HSS, sehingga dalam penggunaannya lebih awet, dari segi harga tentu lebih mahal dari HSS.

8. Auger Bit

Mata bor ini digunakan untuk mengebor aneka jenis kayu ataupun material lunak lainnya. Diameternya lebih besar dari mata bor kayu standar. Mata bor ini berbentuk ulir tunggal atau single flute dan digunakan untuk mesin bor dengan putaran rendah.

9. Flat Bit

Mata bor ini sama seperti Mata Bor Auger Bit digunakan untuk pengeboran aneka jenis kayu dan material lunak lainnya. Hanya saja mata bor ini berbentuk pipih rata (flat). Mata bor Flat Bit biasa dioperasikan dengan bor tangan manual dengan putaran mesin sangat rendah, tidak disarankan menggunakan bor tangan listrik.

10. Hinge Borring Bit

Digunakan untuk membuat lubang pada kayu atau material lunak lainnya. digunakan untuk membuat lubang dengan diameter cukup besar yang mana sudah tidak ada lagi kurang diameter pada mata bor kayu standar.

11. Chisel Bit

Mata bor Chisel Bit digunakan untuk membuat lubang berbentuk kotak pada material kayu. dioperasikan pada mesin Hollow Chisel Mortiser.

12. Mortiser Bit

Mata bor Mortiser Bit digunakan untuk membuat lubang geser pada kayu, dioperasikan pada mesin Mortising.

13. Router Bit

Mata bor Router Bit digunakan untuk membuat aneka bentuk profile pada kayu atau material lunak lainnya, mata bor ini dioperasikan pada mesin Router atau Trimmer.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Merawat Tang Depok Jakarta

14. Mata Bor Kaca

Mata bor ini digunakan untuk melubangi kaca. Bentuknya seperti tombak sehingga mata bor ini sering disebut sebagai mata bor tombak.

15. Hole Saw Metal

Mata bor Hole Saw Metal digunakan untuk membuat lubang pada metal dengan diameter tertentu, biasanya untuk diameter yang cukup besar.

16. Core Drill Bit

Mata bor Core Drill Bit, digunakan untuk membuat lubang pada beton, dinding, marmer, granit dan jenis batuan lainnya dengan diameter tertentu, biasanya untuk diameter yang cukup besar.

[05.46, 8/1/2020] +62 895-4129-40779: macam-macam alat untuk aplikasi pekerjaan plaster dan acian, dan biasanya mereka membuat peralatan itu sendiri yang apabila selesai pekerjaannya langsung dibuang. Mereka umumnya membuat dari bahan bekas di proyek, tidak ada lagi biaya tambahan yang dikeluarkan untuk itu kecuali waktu. Sayang mereka membuatnya dari sisa-sisa bahan seadanya sehingga hasilnya pun kurang maksimal dan kualitasnya kurang baik. Berikut adalah beberapa tips alat yang benar yang seharusnya mereka gunakan.

– Roskam Kayu

Digunakan untuk aplikasi plester dengan ketebalan 8 sampai 15 mm. Hasil akhirnya tidak akan halus, karena kayu sebagai alat aplikasi akan menarik pasir pada plaster ke permukaan sehingga menjadi kasar dan kurang bagus untuk aplikasi acian. Jangan menggunakan alat ini untuk acian karena hasilnya akan kasar dan lebih tebal. Pada acian putih akan meninggalkan noda cokelat kekuningan

– Jidar

Untuk aplikasi plester yang rata di antara kepalaan. Dalam aplikasi jidar, sebaiknya menggunakan jidar dari bahan aluminium. Aplikasi acian pada dinding lebar dapat menggunakan jidar pula dengan bantuan kawat.

– Sendok Semen

Untuk mengaduk bermacam-macam mortar (adukan semen pasir) seperti pasangan bata dan plester semprot.

– Roskam Besi

Untuk aplikasi acian dan skimcoat yang halus serta tipis. Aplikasi ini umumnya dengan ketebalan 1 mm-3 mm dan menghasilkan hasil yang halus dan rata. Alat yang hampir sama dapat dibuat oleh tukang dari pipa paralon PVC yang dipotong dan diratakan dengan ukuran yang sama Jangan menggunakan roskam besi untuk plester, hasilnya akan halus dan bergelombang serta membawa air semen ke permukaan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Sambung Baja Ringan Depok Jakarta

– Blok Styrofoam atau Karet

Untuk menggosok acian setengah kering guna menghasilkan permukaan yang keras, halus, dan rata.

– Roskam Bergerigi

Alat khusus ini untuk aplikasi perekat bata ringan. Jarak setiap jalurnya kurang lebih 5 mm dan “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” akan menjadi rata setelah diletakkan bata di atasnya, sehingga dapat menghemat bahan dengan daya rekat yang maksimal.

– Palu Karet

Alat ini digunakan untuk merekatkan bata ringan sehingga sambungan lebih kuat dan tipis tanpa memecah bata ringan yang di atasnya

Alat Kerja Dilapangan

Alat yang kecil untuk aplikasi acian konvensional, jangan menggunakan alat ini untuk aplikasi mortar.

Menggunakan alat ini cara kerjanya akan lebih lambat dan hasilnya kurang baik. Alat yang besar untuk aplikasi plaster, yang baik menggunakan triplex dengan ketebalan > 5 mm agar lebih kuat dan tahan lama.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=mata%20bor

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=bor

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *