Cara Memasang Kabel Arde Depok Jakarta

Toko bangunan citra dan alat tehnik depok menjual kabel listrik www.materialbahanbangunan.com

Cara Memasang Kabel Arde

Sebelum kita membahas bagaimana cara memasang kabel arde ada baiknay kita mengetahui pentingnya pemasangan dari kabel arde itu sendiri.

Pemasangan listrik sekarang ini kebanyakan tidak dilengkapi dengan kabel ardhe atau pentanahan, padahal kabel ardhe dalam instalasi listrik sangat penting untuk kenyamanan pengguna didalam rumah, salah satunya adalah untuk menghilangkan kejutan kecil dari peralatan elektronik seperti Mesin cuci atau kulkas bahkan perangkat komputer anda.

Adanya fasilitas arde pada kabel arde berfungsi ketika kabel tersebut di pasangkan “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” pada stop kontak jenis arde maka rumah/cashing dari peralatan elektronik akan terhubung langsung ke arde atau bumi sehingga muatan listrik daya kecil yang ada di cashing/body perangkat akan langsung hilang.

Saya rasa tidak perlu kita membahas mengapa instalatir PLN tidak lagi membuat pengkabelan Ardhe pada meteran barunya. Namun anda tidak perlu khawatir sebab anda sendiri dapat membuat dan merakit kabel tersebut dengan sangat mudah, yang terpenting adalah anda harus bekerja sesuai dengan petunjuk keselamatan seperti yang sudah dijelaskan pada artikel terdahulu.

Cara sederhana membuat kabel ardhe sebagai berikut, Bahan-bahan dan alat :

Kabel tunggal berwarna kuning (dapat anda beli di toko alat listrik).

ObengTang potong atau tang jepit yang baikIsolatif

Batang besi/tembaga ukuran 50 cm atau lebih.

Perlu diingat bahwa anda harus pastikan kabel untuk instalasi dirumah anda sudah menggunakan kabel  NYA Standard 2,5mm atau NYM Standar SPLN 2,5mm 3 in 1 jika belum maka anda mau tidak mau harus menarik panjang kabel warna kuning (NYA) keseluruh jalur jalur kabel yang menghubungkan stop kontak dirumah anda. Ingat kabel ardhe (kuning) hanya diperuntukkan untuk bagian dimana stop kontak berada.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Toko Bangunan dan Alat Teknik Citra Depok menyediakan berbagai Diskon

Lakukan sambungan kabel kuning (ardhe) kesetiap jalur stop kontak  hingga ke dalam stop kontak nya, pasang kabel tersebut dengan membuka rumah stop kontak, lakukan untuk semua stop kontak yang ada didalam rumah anda. Ingat aliran listrik sudah terputus dari MCB/sekering depan..!!.

Jika sudah selesai maka anda lanjutkan dengan menyambungkan di bagian atas plafon/dek, dan lakukan penyambungan kesemua titik stop kontak berada.

setelah semua selesai pastikan posisi pemasangan besi ardhe (misalnya dibagian belakang rumah atau didepan rumah) dimana anda dapat dengan mudah menanamkan batang tembaga atau besi.

Sambung kabel ardhe(kuning) dari bagian atas dek yang sudah terpasang tadi dengan kabel kuning tambahan yang kemudian di tarik panjang hingga ke “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” bagian tembaga atau besi yang akan ditanamkan ke tanah (harus dibagian tanah yang lembek atau lembab, jangan yang kering dengan kedalaman kira-kira 1,5 meter atau hingga mendapat bagian tanah yang berkadar air tinggi). Kemudian ujung kabel kuning (ardhe) anda ikatkan ke besi atau tembaga secara baik bisa juga dengan menggunakan clamp. atau bisa dengan menghubungkan kabel arde terlebih dahulu sebelum di tancapkan kedalam tanah.

Selesai sudah pemasangan kabel ardhe. kemudian coba nyalakan listrik anda. Anda dapat mencoba menyalakan PC, kulkas atau mesin cuci dan coba pegang bagian yang dianggap ada setruman kecil, jika masih terasa berarti sambungan kabel arde bermasalah atau ada yang belum nyambung. Periksa kembali sambungan secara keseluruhan, dan yang terpenting adalah jangan ada sambungan yang bersentuhan langsung antar kabel yang terbuka pada saat instalasi baik yang ada didalam stop kontak maupun disambungan diatas dekplafon rumah.

BACA ARTIKEL YANG LAIN   Jenis dan nama tali.

Demikian tadi cara memasang kabel arde dan penti gnya memasang kabel arde. semoga bermanfaat ya,jangan lupa klik kami di www.matetialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=kabel

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *