Cara Mengganti Fiting Lampu Dengan Benar Depok Jakarta

Toko bangunan citra dan alat tehnik depok menjual Fiting lampu www.materialbahanbangunan.com

Cara Mengganti Fiting Lampu Dengan Benar

Kita memerlukan penerangan yang cukup terutama dimalam hari. Penerangan kita dapatkan dari berbagai sumber energi terutama adalah listrik.Untuk itu dibutuhkan lampu dan sebagai temlat memasang lampu adalah fiting lampu. karena setiap hari sering digunakakan bisa jadi fiting lampu “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” akan mengalami kerusakan atau bah kan usang karena sudah terlalu lama dipakai.

Sangatlah penting untuk mengganti fiting lampu yang sudah usang atau rusak agar rumah Anda tetap dalam keadaan sempurna. Fiting yang usang dapat menyebabkan korsleting dan memicu kebakaran, sehingga kemampuan mengganti fiting harus dimiliki baik oleh tukang listrik profesional maupun amatir. Ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini untuk mempelajari cara mengganti sendiri fiting lampu, agar rumah Anda tetap aman.

Metode 1 dari 2:

Melepas Fiting Usang

1

Mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan.Untuk mengganti fiting lampu di plafon, Anda membutuhkan beberapa peralatan sederhana yang biasa digunakan oleh tukang listrik, agar pekerjaan Anda lancar dan aman.

 Siapkan terlebih dahulu perkakas berikut:

Pisau cutter, untuk melepas fiting jika ikut dicat bersama plafon.

Tang lancip

ObengAlat tes tegangan (tipe nonkontak)

Pengupas kabel

Lasdop

Memutus daya listrik dengan mematikan sekering. Bila Anda sedang bekerja dengan sambungan listrik, selalu matikan sekering atau MCB (Miniature Circuit Breaker) untuk titik yang sedang Anda kerjakan. Carilah terlebih dahulu tempatnya, kemudian matikan. Periksa dengan menyalakan sakelar lampu yang akan Anda lepas fitingnya untuk memastikan bahwa daya listrik sudah terputus. Lebih baik lagi gunakan alat tes tegangan untuk memastikan bahwa fiting tersebut sudah tidak dialiri listrik.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Macam - Macam Jenis dan Fungsi Gunting Tanaman - Alat Kebun Taman Depok

Melepas tutup kaca. Fiting lampu hias biasanya dilengkapi dengan penutup lampu yang perlu Anda lepas lebih dahulu. Bukalah penutup lampu perlahan-lahan dan taruhlah di tempat yang aman. Anda mungkin membutuhkan obeng untuk melepaskan sekrup penguncinya, tetapi kebanyakan dapat dibuka dengan tangan. Beberapa penutup lampu juga dapat dilepas dengan cara memutar tutupnya perlahan-lahan atau melepas kait penguncinya. Setelah itu, lepaskan juga bohlamnya agar fiting lampu lebih mudah untuk diamati kondisinya.

Kendurkan fiting dan biarkan tergantung untuk memeriksa sambungannya. Anda harus tahu lebih dahulu bagaimana fiting itu terpasang pada plafon, sebelum Anda melepasnya. Kebanyakan fiting lampu dipasang dengan dua cara. Pertama, cara sederhana yaitu menggunakan baut atau sekrup yang menembus fiting hingga tertanam ke dudukannya di plafon. Ke dua, dengan baut ulir yang menonjol dari plafon hingga menembus fiting dari belakang, kemudian dikencangkan dengan mur putar hias, yang biasanya berbentuk mur kecil di tengah-tengah fiting lampu.

Lepaskan sekrup atau mur penahan fiting lampu.Sebuah fiting biasanya ditahan oleh dua atau tiga sekrup terhadap dudukannya. Lepaslah fiting agar sambungan kabel listrik bisa terlihat. Saat fiting sudah terlepas, gunakan tangan Anda atau tang untuk melepas sambungan kabel listriknya. Kadang kabel listrik tidak disambung begitu saja, tetapi menggunakan lasdop.Lasdop adalah sambungan kabel listrik dari plastik berbentuk kerucut yang menutupi kedua ujung kabel. Lasdop digunakan untuk menyambungkan masing-masing kabel hitam dan putih dari dudukan di plafon dengan kabel dari fiting lampu. Selain itu mungkin terdapat satu kabel ground dari fiting yang disekrup dengan logam ground pada dudukan di plafon.

Memisahkan kabel-kabel yang menggantung dari plafon dan membiarkan dudukannya. Bentuk dudukan ini sangat bervariasi, misalnya dudukan kayu dengan kabel yang menjulur, atau berupa junction boxyaitu wadah plastik berbentuk lingkaran, segi empat atau segi delapan yang berfungsi sebagai wadah kabel sekaligus dudukan fiting. Terlepas dari bentuknya, ialah yang menjadi tempat fiting terpasang dan tersambung sebelumnya. Kabel yang muncul dari dudukan fiting biasanya berwarna hitam dan putih.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Macam-Macam Penanda Toilet

Mencatat ke mana masing-masing kabel tersambung dan memberi label. Tidak semua fiting memiliki sambungan yang sederhana, terlebih fiting pada rumah besar. Beberapa fiting dirangkai paralel dengan fiting lainnya, sehingga sambungannya menjadi rumit dan membingungkan. Pada umumnya “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” kabel dari fiting akan disambungkan dengan kabel berwarna sama dari plafon. Beberapa negara memiliki aturan warna kabel yang berbeda, terutama instalasi listrik dari masa lampau. Disarankan untuk mencatat ke mana

 tiap kabel saling tersambung, dan berilah label pada tiap kabel agar tidak tertukar.Setelah itu anda bisa melepas fiting yang lama dan memasang fiting yang baru.Pasang sesuai sama kabel yang sudah anda catatat tadi.

Bagaimana mudah bukan.Anda tidak perlu repot untuk memanggil tukang listrik karena mulai sekarang anda bisa mengerjakan hal yang mugkin anda belum pernah kerjakan. Mudah mudahan apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Dapatkan berbagai perlengkapan instalasi listrik di toko kami dengan klik www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=fitting%20lampu

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Keuntungan Menggunakan Keramik Granit Pada Hunian Depok Jakarta

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *