Katup Tabung Gas Sumber Masalah Depok Jakarta

Toko Citra Bangunan Depok menjual selang gas klik di www.materialbahanbangunan.com

Katup Tabung Gas Sumber Masalah

Kasus ledakan gas elpiji dari tabung 3 kilogram dan 12 kilogram yang marak terjadi belakangan ini terbesar disebabkan oleh kerusakan sistem katup pada lubang tabung, bukan pada bagian selang atau regulator.

Kepala Pusat Audit Teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Arya Rezavidi mengatakan hal itu, Minggu (26/7), setelah melakukan praaudit investigasi terhadap sistem kompor dan tabung gas elpiji.

Kerusakan pada katup terjadi, menurut Arya, bukan hanya akibat buruknya kualitas komponen, melainkan juga akibat pemaksaan pengisian gas pada “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” kasus pengoplosan gas. ”Kasus pengoplosan gas banyak ditemui di lapangan,” ungkap Arya yang sebelumnya sebagai Direktur Pusat Teknologi Konversi dan Konservasi Energi BPPT.

Kerusakan katup menyebabkan bocornya gas dari tabung dalam jumlah besar dan waktu yang sangat cepat. ”Apabila terjadi kebocoran pada katup dengan diameter lubang 0,5 mm selama 1 jam, misalnya, gas yang terakumulasi mencapai 2.500 gram atau 2,5 kilogram. Sedangkan jika kebocoran pada selang dengan lubang diameter 0,5 mm selama 1 jam, gas yang terakumulasi hanya 10 gram,” ujarnya.

Karena itu, menurut Arya, kebocoran yang paling besar kemungkinannya menimbulkan ledakan adalah kebocoran pada sistem katup dan bukan pada bagian selang. Kebocoran gas ini menimbulkan ledakan karena gas yang bocor dan memenuhi ruangan terpantik api.

Disparitas harga

Dari sisi nonteknis, Arya mengusulkan agar disparitas harga tabung gas 3 kilogram dan 12 kilogram ditinjau ulang karena disparitas ini mendorong terjadinya pengoplosan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Tips Dan Trik Cara Memasang Paku Rivet Di Rumah Anda Depok - Jakarta

Sebagai contoh, harga gas elpiji tabung 12 kilogram saat ini sekitar Rp 78.000 per tabung. Adapun gas elpiji tabung 3 kilogram hanya Rp 13.000 per tabung. Artinya, dengan memindahkan empat tabung elpiji 3 kilogram ke 12 kilogram, “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” hanya mengeluarkan biaya Rp 52.000, kemudian dijual Rp 78.000 sehingga terdapat selisih harga Rp 26.000 yang menggiurkan untuk melakukan pengoplosan

Selain itu, menurut dia, perlu disusun prosedur untuk penanganan dan keamanan tabung gas dalam sistem distribusi hingga tingkat pengecer. ”Apabila perlu, lakukan sertifikasi agen, pangkalan, dan pengecer,” ujarnya.

Jika anda membutuhkan selang gas hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=tabung%20gas

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *