Macam – Macam Palu Dan Fungsinya Depok Jakarta

Macam – Macam Palu Dan Fungsinya

Besi, Karet, Konde, Kayu

Pengertian palu adalah alat yang digunakan untuk memberikan efek tumbukan dengan memukul suatu bidang kerja tertentu. Pada umumnya, palu dipakai untuk memukul paku.

Palu sudah seperti perkakas wajib yang dimiliki hampir semua orang. Pekerjaan “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” seperti memaku dinding, memajang foto keluarga, sampai membangun kandang hewan peliharaan menggunakan palu dalam proses pembuatannya.

Fungsi Palu

Palu terdiri dari dua bagian, yakni bagian kepala dan gagang. Secara umum, gagang palu terbuat dari kayu dan kepalanya terbuat dari besi.

Namun, seiring perkembangan zaman, palu pun mengalami perubahan dari segi bahan dasarnya. Sekarang, palu ada yang terbuat dari plastik, kayu, dan tembaga.

Masing-masing palu memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan spesifikasinya. Walaupun, fungsi utama palu masih untuk menumbuk suatu bidang kerja.

Jika palu terbuat dari bahan kayu, berarti ia berfungsi sebagai penumbuk bidang kayu. Jika palu terbuat dari bahan tembaga atau aluminium, berarti ia berfungsi sebagai alat untuk memperbaiki mesin yang berhubungan dengan listrik.

Ada juga palu yang berfungsi sebagai penempa logam, alat penghancur batu, dan bahkan untuk alat penyelamat diri di saat kondisi gawat darurat.

Macam Macam Palu

Palu memiliki banyak jenis berdasarkan bahan penyusunnya. Bahan penyusunan ini juga menentukan manfaat palu dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa jenis palu berdasarkan bahan dasarnya

1. Palu Karet

Sesuai namanya, ini adalah jenis paku yang memiliki kepala dengan bahan yang terbuat dari karet. Fungsi palu karet adalah untuk meratakan permukaan benda yang datar di atas mesin frais. atau untuk meratakan permukaan logam yang penyok.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Kesusahan menghilangkan cat yang terkena tangan? simak tips berikut ini

Dengan menggunakan palu karet, resiko kerusakan terhadap objek kerja lebih minim karena permukaan palu yang halus.

2. Palu Besi Kambing

Sesuai namanya, palu jenis ini memiliki kepala yang terbuat dari besi. Palu ini biasanya dipakai dalam proses pemasangan paku atau untuk memperbaiki benda tertentu.

Palu ini biasa juga disebut palu kambing karena bagian belakangnya mirip seperti tanduk. Bagian tersebut digunakan untuk mencabut paku yang menempel pada kayu atau benda kerja lainnya.

3. Palu Konde

Ini adalah jenis palu yang umum dimiliki banyak orang. Palu ini memiliki dua sisi yang berbeda bentuk, bulat seperti konde dan bentuk datar.

Bentuk yang datar digunakan untuk memukul paku atau menghancurkan benda. Sedangkan sisi yang berbentuk bulat digunakan untuk membuat cekungan pada bidang kerja tertentu.

Paku ini juga sering digunakan untuk pembentukan logam dan pemasangan paku keling. Palu ini memiliki ukuran yang bervariasi.

4. Palu Kayu

Palu ini memiliki kepala yang terbuat dari kayu khusus yang kuat dan tidak mudah pecah. Kayu ini biasanya digunakan dalam proses pembuatan ukiran. Selain itu, palu berbahan kayu biasa juga digunakan hakim dalam persidangan. Hanya saja ukuran dan motifnya berbeda dari lampiran gambar.

5. Palu Batu Martil

Palu jenis ini memiliki kepala yang lumayan besar dan terbuat dari besi. Palu ini biasanya digunakan untuk menghancurkan batu atau benda keras lainnya.

Cara menggunakan palu martil adalah mengayunkannya dengan kedua tangan secara bersamaan, sehingga daya tumbukannya menjadi lebih besar.

6. Palu Terak

Palu ini memiliki kepala berbentuk lancip. Palu terak biasanya dipakai dalam proses pembersihan terak hasil sisa pengelasan.

7. Palu Plastik

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Alat Memotong Atau Membelah Pipa Plastik Depok _ Jakarta

Ini adalah jenis palu yang memiliki kepala terbuat dari bahan plastik. Palu ini biasa digunakan untuk meratakan benda lunak.

Bahan plastik yang digunakan sebagai kepala palu membuat tekanan pukulan menjadi rendah. Hal ini memang disengaja agar benda kerja tidak tergores, rusak, atau patah.

8. Palu Tembaga

Palu jenis ini memiliki kepala yang terbuat dari bahan tembaga. Biasanya palu ini dipakai untuk proses perbaikan mesin-mesin listrik.

Bahan tembaga mempunyai sifat yang lebih lunak dibandingkan besi. Seiring dengan pemakaian yang terus menerus, bahan tembaga ini akan mengeras dan harus dipijarkan lagi agar kembali menjadi lunak.

9. Palu Pemecah Kaca

Palu pemecah kaca sering juga bisa dikenali dengan sebutan palu emergency, karena biasanya palu ini berada di dalam kendaraan dan digunakan dalam keadaan gawat darurat.

Palu ini berwarna cerah, seperti merah atau jingga, dipasang di dekat jendela agar dapat digunakan penumpang untuk keluar dari moda kendaraan yang sedang mengalami kecelakaan.

Palu pemecah kaca mempunyai ujung yang sedikit lancip sehingga mampu memecahkan “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” kaca kendaraan dengan mudah. Akan tetapi, sebaiknya Anda memecahkan kaca di sisi pinggirannya karena ini adalah bagian yang paling rentan.

10. Palu Daging

Palu daging umumnya memiliki 2 sisi berbeda, satu sisi bentuknya bergerigi untuk menghaluskan daging dalam pembuatan steak atau olahan lain.

Sedangkan sisi satunya datar dan halus. Ini digunakan untuk menumbuk bumbu-bumbu dapur semacam jahe, serai, bawah putih, merah, lengkuas dan sebagainya.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Pengertian Dari Baja Ringan?

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=palu

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.