Cara menghitung kebutuhan bata merah Depok Jakarta

Cara menghitung kebutuhan bata merah

Mengetahui jumlah kebutuhan bahan merupakan hal yang penting dalam perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan suatu konstruksi. Dengan “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” mengetahui jumlah kebutuhan bahan, kita akan dapat memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu proses pengadaan atau pembelian bahan juga dapat dilakukan secara efisien.

Pada kesempatan yang telah lalu kumpulengineer telahmembahas mengenai cara menghitung volume pekerjaan dinding. Tidak lengkaprasanya kalau tidak kita sertai dengan membahas bagaimana cara menghitungkebutuhan bahan pembuat dinding tersebut.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat dinding bisadibilang cukup beragam. Seperti yang telah kami uraikan pada artikel bahanpembuat dinding sebelumnya. Khusus pada kesempatan kali ini kita akan sedikitmembahas mengenai cara menghitung kebutuhan batu bata untuk membuat dinding,baik itu dinding rumah, maupun untuk dinding bangunan lainnya.

Agar dapat mengetahui jumlah kebutuhan bata merahkeseluruhan yang diperlukan, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalahdengan mengetahui jumlah bata untuk setiap 1 meter perseginya. Kemudianmengkalikannya dengan total luas dinding tersebut. Untuk lebih jelasnya,berikut kumpulengineer bagikan contoh perhitungan kebutuhan batu bata untukpekerjaan dinding rumah:

dinding bata, cara menghitung bata, bata merah, batu bata,pasangan bata, jumlah bata

Contoh cara menghitung jumlah kebutuhan bata

Pada contoh cara menghitung volume pekerjaan dinding yangtelah lalu. Diketahui Luas bersih dinding untuk bangunan atau rumah berukuran5×5 m tersebut adalah 77,24 m2. maka untuk dapat mengetahui berapa jumlahkebutuhan bata dinding tersebut kita harus mengetahui terlebih dahulu jumlahbata untuk tiap meter perseginya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara sebagaiberikut:

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Memotong Seng Gelombang Yang Benar Dan Tepat Depok - Jakarta

Menggunakan angka koefisien pengali sesuai SNI perhitunganharga satuan pekerjaan.

cara ini merupakan cara yang paling mudah. karena kita hanyaperlu mengkalikan angka koefisien yang telah ditetapkan dalam SNI dengan Luasdinding tersebut. Berdasarkan SNI analisa harga satuan untuk pekerjaanpemasangan dinding bata merah 1/2 batu. jumlah bata merah yang dibutuhkanadalah 70 buah untuk setiap 1 meter perseginya. Sehingga jumlah kebutuhan batakeseluruhan adalah:

Jumlah kebutuhan bata = Luas dinding x koefisien (SNI)

Jumlah kebutuhan bata = 77,24 x 70 = 5407 buah

Namun perlu diingat angka koefisien 70 buah tersebut adalahuntuk pemasangan 1 m2 dinding bata merah dengan ketebalan 1/2 batu danmenggunakan bata yang berukuran 5 cm x 11 cm x 22 cm. Jika ketebalan dindingdan ukuran bata berbeda maka angka koefisien tersebut perlu disesuaikan lagi.

Menggunakan cara perhitungan teoritis

Untuk dapat mengetahui jumlah bata dalam satu meter persegidinding, anda dapat menghitungnya dengan cara membagi luasan 1 meter persegidinding dengan 1 luasan muka bata ( termasuk spesi). Sebagai contoh perhitungankita asumsikan tebal spesi adalah 1,5 cm. maka jumlah bata per m2 adalah:

Jumlah bata per m2 = 1 : Luas muka bata

Jumlah bata per m2 = 1 : ((Panjang bata + Spesi) x (Tinggibata + Spesi))

Jumlah bata per m2 = 1 : ((0,22+0,015)x (0,05+0,015))

Jumlah bata per m2 = 1 : (0,235 x 0,065)

Jumlah bata per m2 = 1 : 0,0153 = 65,36 Buah

atau dibulatkan menjadi 66 Buah per meter persegi sehingga;

Jumlah kebutuhan bata = Luas dinding x Jumlah bata per m2

Jumlah kebutuhan bata = 77,24 x 66 = 5098 buah

atau dapat anda bulatkan menjadi 5100 buah.

Perlu diingat hasil cara perhitungan ini hanyalah kebutuhanterpasang saja, belum ditambah dengan kebutuhan bata tambahan, sebagaiantisipasi terhadap adanya kerusakan atau faktor faktor lainnya.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Paranet Untuk Kolam Ikan

Dari hasil perhitungan diatas, dengan menggunakan ukuran bata yang sama dengan cara sebelumnya didapat perbedaan jumlah bata dalam satu meter perseginya. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” Pada perhitungan menggunakan SNI terdapat 70 buah dalam 1 m2 sedangkan hasil perhitungan teoritis sebanyak 66 buah. Hal ini dapat dipengaruhi karena perbedaan asumsi ketebalan spesi yang digunakan serta faktor faktor lain yang tidak kita perhitungkan pada cara yang kedua.

Cara yang kedua atau berdasarkan perhitungan tersebut sangatcocok digunakan untuk perhitungan apabila bata yang digunakan berbeda ukurandengan yang telah disebutkan pada SNI. misalkan anda ingin menggunakan batadengan berbentuk balok dengan ukuran 8 cm x 8 cm x 20 cm, atau dengan ukuranlainnya, atau anda ingin menggunakan batako sebagai bahan pembuat dinding caraini juga dapat anda gunakan.

Namun perlu kami ingatkan kembali cara perhitungan ini belum mengantisipasi keperluan tambahan akibat adanya kerusakan, ukuran yang tidak seragam, perbedaan ketebalan spesi, atau yang disebabkan oleh faktor lainnya. Anda dapat menambahkan 5-10% dari total keseluruhan bahan yang anda perlukan sebagai antisipasi terjadinya kekurangan bahan.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?source=universe&st=product&keyword=batu%20bata

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Macam-macam obeng dan fungsinya

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *