Cara menghitung kebutuhan keramik Depok Jakarta

Cara menghitung kebutuhan keramik

Keramik merupakan salah satu bahan atau material yang banyak digunakan untuk melapis permukaan lantai dan dinding. Selain warna dan motifnya “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” yang beragam, harga keramik yang terbilang cukup murah juga menjadi alasan mengapa penggunaan bahan keramik semakin diminati.

Berdasarkan tekstur permukaannya, keramik dibedakan menjadidua jenis.

Jenis yang pertama adalah keramik dengan permukaan yanghalus (polos).

Keramik jenis ini biasanya digunakan hampir pada keseluruhan bagian lantai rumah. Seperti lantai teras,lantai ruang keluarga, lantai ruang tamu, lantai kamar tidur, dan juga termasuk lantai dapur.

Selain menggunakan keramik, bahan lain yang juga seringdigunakan untuk penutup permukaan lantai adalah vinyl dan parket. Untuk lebihmengetahui mengenai vinyl silahkan kunjungi artikel terkait mengenai vinyllantai dan cara pemasangannya. sedangkan untuk mengetahui apa itu parket danragam jenisnya silahkan kunjungi artikel terkait parket, penutup lantai yangelegan.

keramik dengan permukaan yang halus juga sering digunakan sebagai pelapis dinding. Khususnya pada dinding kamar mandi dan juga wc. Pemasangan keramik pada dinding ini bertujuan tidak hanya untuk keindahan tapi juga untuk melindungi dan mencegah air meresap pada dinding.

keramik lantai dapur, keramik dinding dapur, ubin lantai,porselin

Lantai dan dinding dapur yang menggunakan keramik sebagaipenutup

Yang berikutnya adalah keramik dengan permukaan yang kasar(bertekstur atau dengan pola tertentu). Keramik jenis ini seringkali digunakanpada lantai kamar mandi atau wc dan juga pada bagian lantai lain yang seringterkena air. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah dan mengurangi resikotergelincir bagi orang yang berjalan diatasnya.

Cara menghitung kebutuhan keramik

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Fungsi Sebuah Kusen Kayu Depok Jakarta

Untuk mengetahui jumlah kebutuhan keramik maka yang kitaharus lakukan pertama kali adalah menghitung luasan bidang permukaan yang akandipasangi keramik tersebut. Jika keramik ingin dipasang di lantai maka kitaharus menghitung luas lantai tersebut. Caranya dengan mengkalikan panjang danlebarnya. Sedangkan jika ingin dipasang untuk dinding maka untuk menghitungluasannya adalah panjang dinding dikalikan dengan tinggi dinding yang akandipasangi keramik.

untuk lebih jelasnya mengenai cara menghitung luasan dindingdapat anda lihat pada artikel kumpulengineer terdahulu mengenai cara menghitungvolume pekerjaan dinding

Pada umumnya di pasaran keramik dijual dalam satuan box ataudus. Jumlah isi keramik dalam satu box atau dus berbeda beda tergantung dari ukurankeramik itu sendiri. Misalnya keramik dengan ukuran 40 cm x 40 cm maka dalamsatu dus akan berisi 6 buah keramik. Sedangkan Keramik dengan ukuran 20 cm x 20cm dalam satu dus berisi 25 buah keramik. Biasanya Setiap satu box atau dusberisi sejumlah keramik untuk pemasangan satu meter persegi.

Contoh cara menghitung kebutuhan keramik:

Misalkan anda ingin memasang keramik untuk lantai kamartidur. Panjang kamar tersebut adalah 4 m dan lebar 3 m. Maka luas lantaitersebut adalah:

Luas lantai = panjang x lebar

Luas lantai = 4 x 3

Luas lantai = 12 m2

Jika satu dus keramik untuk satu meter persegi pemasanganmaka kebutuhan keramik untuk lantai kamar tersebut adalah 12 dus.

Ini hanya kebutuhan secara teori saja dalam pelaksanaannyaakan lebih baik jika anda turut memperhitungkan kemungkinan adanya keramik yangtidak dapat digunakan. Entah itu karena adanya pemotongan atau karena adanyakerusakan (pecah).

Cara menghitung volume pondasi batu kali

Cara menghitung volume pondasi batu kali atau yang biasadisebut juga sebagai pondasi menerus terbilang cukup mudah. Apalagi jika andasudah pernah membaca artikel kumpulengineer terdahulu yang berjudul caramenghitung volume pasangan batu. Karena cara menghitung volume pondasi batukali hampir sama dengan contoh cara menghitung volume dinding penahan tanahyang telah kami bagikan pada artikel tersebut.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Menghilangkan Karat Depok Jakarta

Sebagai contoh perhitungan, perhatikan gambar rencanapondasi batu kali (batu gunung) untuk bangunan sederhana atau rumah berikut:

pondasi batu kali, pondasi menerus, pondasi rumah sederhana

Setiap ukuran tersebut dalam satuan Cm. Sedangkan panjang pondasi sebagai contoh kita asumsikan sepanjang 20 m.

Selain itu, dari gambar tersebut dapat kita ketahui terdapatbeberapa item pekerjaan lain yang juga merupakan bagian dari pekerjaan pondasirumah tersebut. Item pekerjaan tersebut antara lain adalah pekerjaan uruganpasir, pekerjaan aanstamping atau pasangan batu kosong, dan pekerjaan pasanganbatu kali.

Berikut adalah contoh perhitungan volume untuk tiap tiapitem pekerjaan pondasi tersebut:

Cara menghitung volume urugan pasir dibawah pondasi:

Volume urugan pasir = Panjang pondasi x Lebar pondasi xTebal urugan

Volume urugan pasir = 20 m x 0,8 m x 0,1 m

Volume urugan pasir = 1,6 m3

jadi volume urugan pasir dibawah pondasi pada contohtersebut adalah 1,6 m3.

Cara menghitung volume pasangan batu kosong (aanstamping)untuk pondasi batu kali:

Volume aanstamping = Panjang pondasi x Lebar pondasi x Tebalaanstamping

Volume aanstamping = 20 m x 0,8 m x 0,2 m

Volume aanstamping = 3,2 m3

jadi volume pasangan batu kosong (aanstamping) untuk pondasipada contoh tersebut adalah 3,2 m3.

Cara menghitung volume pondasi batu kali :

Volume pondasi batu kali = Luas penampang pondasi x Panjangpondasi

Volume pondasi batu kali = (( Lebar atas + Lebar bawah)/2  x Tinggi ) x Panjang pondasi

Volume pondasi batu kali = ((0,3 m + 0,6 m)/2 x 0,8 m) x 20m

Volume pondasi batu kali = 0,36 x 20

Volume pondasi batu kali = 7,2 m3

jadi volume pasangan pondasi batu kali pada contoh tersebutadalah 7,2 m3.

Dari contoh contoh perhitungan tersebut diatas kita sudah mengetahui volume untuk masing masing item pekerjaan. Menghitung volume pekerjaan “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” merupakan langkah awal dalam penyusunan RAB dan juga untuk mengetahui jumlah kebutuhan bahan atau material untuk pekerjaan tersebut.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Pemasangan Lisplang Pada Dinding

untuk mengetahui jumlah kebutuhan bahan atau material untuk pekerjaan pondasi pasangan batu kali anda dapat mengikuti langkah langkah perhitungannya pada artikel terdahulu mengenai cara menghitung kebutuhan batu, semen, dan pasir untuk pekerjaan pasangan batu. sedangkan untuk mengetahui kebutuhan bahan pada pekerjaan urugan pasir maupun pekerjaan pasangan batu kosong sayangnya masih belum tersedia. semoga pada kesempatan berikutnya dapat kami bagikan lagi kepada anda.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?source=universe&st=product&keyword=keramik

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *