Water Heater, Alat Pemanas Air Kamar Mandi yang Praktis Depok

Water Heater, Alat Pemanas Air Kamar Mandi yang Praktis

Saat udara dingin atau saat musim hujan mandi dengan air hangat tentunya sangat menyenangkan. Dalam hal ini biasanya kita harus memanaskan “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” atau merebus air terlebih dahulu dan menunggu cukup lama hingga air mendidih.Di zaman serba modern dan praktis seperti sekarang ini masalah tersebut bisa diatasi dengan hadirnya suatu alat pemanas air yang disebut water heater.

Water Heater, Alat Pemanas Air Kamar Mandi yang Praktis 1

Water heater dapat menjadi solusi pemanas air yang nyaman dan praktis terutama pada saat musim hujan dan udara sedang dingin-dinginnya. Cukup hanya dengan menyalakan listrik, Anda sudah dapat merasakan kehangatan air dengan takaran kehangatan yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Water heater bisa menghasilkan air panas karena peralatan ini beroperasi dengan menggunakan konsep thermodynamic. Thermodynamic sendiri adalah penghasil panas dengan memanfaatkan sumber energi untuk mengubah air dingin supaya menjadi panas lalu dialirkan sesuai dengan temperatur yang sudah diatur sebelumnya.

Pada umumnya pemanas air menggunakan tangki dengan ukuranbesar dan diletakkan di tempat khusus. Ada juga yang menggunakan tangki airberukuran kecil dan biasanya cukup disimpan di dalam kamar mandi.

Ada beberapa jenis alat pemanas air yang bisa menjadi pilihan untuk dipasang di kamar mandi yaitu Gas Water Heater,Water Heater Listrik dan Water Heater Tenaga Surya. Anda bisa memilih mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda,apakah water heater gas,listrik atau tenaga surya.

1.Gas Water heater

Gas Water heater adalah pemanas air yang sumber energinyamenggunakan gas elpiji. Jika dibandingkan dengan pemanas air yang menggunakanlistrik, pemanas ini lebih murah dan hemat. Bentuknya persegi dan ukurannyasedang dan diatasnya terdapat lubang silinder yang mirip seperti cerobong asap.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Sederhana Memperbaiki Kran Patah Atau Tertinggal Di Pipa Depok Jakarta

Meskipun seperti cerobong asap,Anda tidak usah khawatirkarena cerobong ini tidak mengeluarkan asap yang mengepul. Alat pemanas inimemiliki prinsip kerja yang sama dengan proses memasak air dengan panci di ataskompor gas.

Namun perbedanya adalah airnya tidak dimasukkan ke dalampanci tapi dimasukkan ke dalam pipa-pipa, yang pada bagian bawahnya mengalamipembakaran dengan menggunakan gas.Kapasitas alat pemanas ini bermacam-macammisalnya ada yang 5, 8 sampai 10 liter permenitnya.

Kelebihan Gas Water Heater antara lain yaitu lebih praktis karena dapat dioperasikan kapan saja,tidak memerlukan arus listrik dan tidak terpengaruh “tim www.materialbahanbangunan.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” oleh cuaca mendung. Jadi saat malam hari tanpa ada sinar matahari atau pada waktu mati lampu sekalipun Anda masih tetap bisa menggunakannya.Pemanas air dengan menggunakan gas ini harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan pemanas air lainnya.

Sedangkan kekurangan Gas Water Heater yaitu harga pemanasini akan ikut naik dan bertambah mahal jika harga BBM atau gas sedang mahalatau sedang mengalami kelangkaan.Pemasangan pemanas air ini juga membutuhkanketelitian, jangan sampai salah prosedur pemasangannya

2.Water Heater Listrik

Sesuai dengan namanya, pemanas air ini menggunakan aruslistrik sebagai sumber energi panasnya. Ada dua jenis water heater listrik yangberedar di pasaran, yaitu sistem pemanas tangki dan pemanas instan. Proseskerjanya seperti sebuah termos listrik.

Air yang ditampung di dalam tangki berisolasi dan didalamnya dilengkapi dengan pipa yang memiliki elemen pemanas listrik denganposisi melingkar. Di dalam tangki pemanas tersebut terdapat tiga elemen ataubagian utama yaitu Heating element,Thermostat dan Magnesium Anode.

Heating element biasanya terbuat dari bahan kuningan dan iniadalah bagian yang bekerja untuk memanaskan air.Lalu,Thermostat adalah bagianyang berfungsi menjaga air di dalam tangki agar tetap panas pada suhu-suhutertentu.Sedangkan Magnesium Anode adalah bagian yang berfungsi menetralisasiion di dalam air sehingga bisa mencegah terjadinya karat pada tangki.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Beberapa Macam Dan Jenis - Jenis Lakban Depok - Jakarta

Karena pemanas air ini menggunakan listrik,terkadang ada kekhawatiran takut tersengat listrik. Akan tetapi sebenarnya hal ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena pemanas air ini sudah menggunakan pengaman anti kontak. Pengaman ini secara otomatis akan memutus aliran listrik jika terjadi kerusakan seperti kebocoran dan masalah-masalah lainnya.

Kelebihan Water Heater Listrik yaitu lebih praktis, karenapada waktu akan menggunakannya Anda tinggal menyalakan atau menghubungkandengan listrik dan pemanas bisa langsung digunakan.

Sedangkan kekurangan Water Heater Listrik yaitu karena alatpemanas air ini menggunakan konsumsi listrik maka daya listrik di rumah Andaharus memiliki kapasitas yang cukup besar. Volume air yang mengalir tidakterlalu besar dan panasnya juga kurang bisa bertahan lama.Jika listrik di rumahAnda sedang mati lampu otomatis pemanas air ini tidak dapat digunakan.

3.Water Heater Tenaga Surya

Water Heater Tenaga Surya atau Solar Water Heater adalahpemanas air yang memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber energinya. Alatpemanas air jenis ini sangat ramah lingkungan dan lebih aman dalampengoperasiannya. Hanya saja dalam hal pemasangan lebih rumit daripada waterheater gas maupun listrik.

Pemanas air jenis ini tidak begitu memerlukan biayaperawatan yang besar, karena sumber panasnya adalah sinar matahari dan bisadidapatkan secara gratis. Dengan demikian maka tagihan listik tidak akanmelonjak tinggi.

Alat pemanas air tenaga surya ini memiliki bagian-bagaianyang penting antara lain Tangki penampung air,Panel kolektor dan pipa-pipa.Tangki penampung air berfungsi untuk menyimpan air.Panel kolektor berfungsiuntuk menyimpan sinar matahari yang terdiri atas plat alumunium yang diluarnyadilindungi oleh kaca setebal 5mm dan biasanya dipasang di atas ataprumah.Sedangkan pipa-pipa berfungsi mengalirkan air panas dari tangki ke kranair yang terpasang di rumah.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  cara mengecat plafon gypsum yang baik dan benar.

Water Heater Tenaga Surya ternyata masih menggunakan tenagadari listrik. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi agar pada musim hujanatau malam hari di saat matahari sudah tidak mengeluarkan sinarnya,pompa tetapbisa hidup dan mengalirkan air ke kran dan menyalakan air.

Kelebihan Water Heater Tenaga Surya antara lain ramahlingkungan, lebih hemat karena menggunakan sinar matahari yang bisa didapatkandengan gratis dan sangat melimpah tersedia di alam.Walaupun menggunakan energilistrik, tetap saja biaya operasional pemanas ini relatif kecil. Hal ini karenakonsumsi listrik tidak diperlukan setiap saat tapi hanya pada waktu tertentuyaitu pada saat alat ini sedang memerlukan energi cadangan saja.

Sedangkan kekurangan Water Heater Tenaga Surya antara lain harga pemanas ini relatif lebih mahal dengan pemanas lainnya.Proses pemasangannya juga rumit dan harus teliti,panel surya harus dipasang di atap rumah dengan kemiringan tertentu dan sesuai standar. Jika kemiringannya kurang maka harus dipasang rangka tambahan sehingga hal ini tentunya akan menambah biaya.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=water%20heater

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *