Mengenal Jenis Amplas, Grit Amplas, dan Kegunannya dalam Finishing Depok

Mengenal Jenis Amplas, Grit Amplas, dan Kegunannya dalam Finishing

jenis amplas

Mengenal Amplas, Jenis-jenis Amplas dan Kegunaanya. Dalam pekerjaan pertukangan baik pertukangan kayu maupun lainnya, amplas memegang peranan “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” penting sebagai alat finishing agar hasil kerja yang dihasilkan halus. Amplas digunakan untuk mengamplas lapisan cat, putty (dempul) atau surfacer, atau langsung pada permukaan kayu untuk mengahsilkan produk semacam kitchen set atau furniture.

Amplas berfungsi untuk mengikis/menghaluskan permukaan benda kerja dengan cara digosokkan. Halus dan kasarnya kertas amplas ditunjukkan oleh angka yang tercantum dibalik kertas amplas tersebut. Semakin besar angka yang tertulis menunjukkan semakin halus dan rapat susunan pasir amplas tersebut. Pada pekerjaan perbaikan dan penyelesaian bodi otomotif, amplas digunakan untuk menggosok lapisan cat, dempul atau surfacer.

Terdapat berbagai macam amplas berdasarkan material, bentuk, serta kekasarannya. Amplas merupakan salah satu jenis material abrasif yang dibuat dengan proses perlekatan (coated abrasive). Amplas terdiri atas dua bagian yang disatukan, yaitu material abrasif dan material backing.

Material backing yang digunakan pada amplas merupakan bahan fleksibel, terbuat dari kertas, kertas tahan air, kain, dan synthetic fiberglass. Amplas yang menggunakan material backing dari bahan kertas tidak tahan air sehingga hanya dapat digunakan pada pekerjaan pengamplasan kering (dry-sanding). Pemilihan penggunaan amplas dengan material backing dari bahan “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” kertas tahan air, kain, ataupun synthetic fiberglass disesuaikan dengan kekuatan, fleksibilitas, dan kondisi bidang permukaan benda kerja yang akan dikerjakan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Fungsi dan Kegunaan Kawat Parabola Depok

Jenis Amplas: Material Abrasif Amplas

Terdapat dua jenis material abrasif amplas yang umum digunakan pada pekerjaan perbaikan dan penyelesaian bodi otomotif, yaitu silicon carbide dan alumunium oxide.

Partikel abrasif yang terbuat dari silicon carbide, terpecah-pecah menjadi butiran kecil pada saat pengamplasan dan secara konstan memunculkan tepian baru yang tajam.

Partikel-partikel ini sangat sesuai untuk mengamplas (sanding) cat yang relatif lunak. Oxidized alumunium merupakan partikel abrasif yang sangat kuat dan tahan aus. Oleh karena itu oxidized alumunium sangat sesuai digunakan untuk mengamplas cat yang relatif keras

Jenis Amplas :  Ukuran Grit Dalam Amplas

Nomor grit biasanya dicetak pada bagian belakang amplas. Semakin besar nomor grit, semakin halus partikel abrasifnya. Rentang nomor dari nomor grit yang digunakan untuk pengecatan automotif adalah antara #60 dan #2000.

Sebelum menggunakan amplas, faktor yang sangat penting adalah memilih nomor grit yang berpengaruh pada hasil kerja, dan seberapa lama pekerjaan dilakukan.

amplas rol

Sebagai contoh pemborosan waktu dan tenaga akan terjadi, apabila amplas dengan kekasaran yang halus, misal #600 digunakan untuk mengupas cat aslinya, apabila top coat diaplikasi setelah mengupas permukaan dengan amplas yang memiliki grit #60, maka tidak akan diperoleh lapisan akhir yang halus, seberapapun lapisan diaplikasikan.

Dalam praktik tanda yang ditinggalkan oleh amplas dengan grit #80 tidak dihilangkan dengan mudah oleh grit #200. oleh sebabitu, yang penting untuk dilakukan adalah berganti pada grit yang lebih halus secara bertahap, sehingga dapat menghilangkan goresan yang ditiggalkan oleh amplas terdahulu.

Berdasarkan penggunaannya, amplas dapat dibedakan menjadi 2 yaitu : Amplas kering dan amplas basah

Amplas Kering. Amplas kering adalah suatu jenis amplas yang digunakan untuk meratan atau menghaluskan benda kerja atau panel tampa cairan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Manfaat Menggunakan Rompi Proyek

Amplas Basah. Amplas basah adalah suatu jenis amplas yang digunakan untuk meratakan atau menghaluskan benda kerja dengan menggunakan air atau spertus secara bersamaan. Kedua amplas ini masing-masing memiliki keuntungan dan kekurangannya tersendiri.

untuk pekerjaan kayu biasanya menggunakan amplas kering karena untuk menghasilkan permukaan yang halus namun tetap kering. Semntara amplas basah banyak digunakan pada aplikasi cat duco atau pengecatan logam dan finishing mobil.

amplas velcro

Amplas Velcro Berbentuk bulat dan Mudah ditempelkan pada mesin amplas

Ragam merk amplas yang beredar di pasaran sangan banyak mulai harga termurah sampai termahal. Diantaranya merek yang umum adalah Taiyo, Ekamant, Deforce, Sikent.

Menurut bentuknya terdapat beragam jenis amplas yaitu amplas kertas yang lembaran maupun amplas yang berbentuk rol atau gulungan. Selain itu ada juga amplas yang berbentuk velcro yang bida di tembel pada mesin amplas.

Jenis Amplas : Rentang Grit Pada Amplas

Amplas Grit #60 – #80, grit jenis ini disebut sebagai grit pengupas karena banyak digunakan untuk mengupas cat lama atau karat dan kerak pada besi dan mobil. Grit ini juga bisa memperbaiki permukaan kayu yang terlalu kasar sehingga siap untuk diamplas dengan lebih halus.

Amplas Grit #100-#150, Disebut sebagai grit medium biasanya diaplikasikan untuk mengamplas dempul mobil atau permukaan kayu yang akan di wood filler.

Amplas Grit #180–#220, Disebut Grit Halus biasanya digunakan untuk mengamplas permukaan kayu setelah di woodfiller atau permukaan besi setelah epoxy filler.

Amplas Grit #320-keatas, Disebut Grit Sangat halus biasanya amplas ini diaplikasikan sebelum clear pada finishing kayu maupun logam.

Kata Kunci:

ukuran amplas untuk dempul,ukuran amplas paling halus,nomor amplas,amplas besi,jenis amplas,penggunaan mesin amplas mobil,kertas gosok untuk kaki no berapa,ukuran amplas untuk dempul mobil,amplas paling halus,amplas kain.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  seng plat galvalum seng plat besi anti karat seng roll

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=amplas

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat kami
1
Hai kak jangan lupa saved nomor wa kami ya. 12.000 varian barang siap dikirim , ready stock.