Batu Gerinda Depok Jakarta

Faktor – Faktor  yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemilihan Batu Gerinda

Besarnya busur singgung antara roda gerinda dan benda kerja, busur singgungan besar berarti luasan gesekan juga luas, maka roda gerinda cepat aus. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” Untuk itu gunakan roda gerinda lunak dengan butiran yang besar. Sedangkan untuk busur singgungan kecil atau sedikit, gunakan roda gerinda yang keras dengan butiran halus.

Ukuran butir pengasah: besarnya butir (grain) menentukan jenis finishing dari benda kerja yang digerinda. Grade merupakan tingkat kekerasan roda gerinda, yang ditentukan olehkekuatan ikatan (kepadatan ikatan antara butiran dan pengikat), dimana dalam aplikasi pemilihannya dipengaruhi beberapa faktor, antara lain :

a.    Jenis penggerindaan : gerinda dipilih sesuai dengan mesin yang digunakan serta bentuk yang sesuai dengan pengerjaan.

b.    Luasan kontak : grade lunak digunakan untuk luasan kontak benda kerja yang lebih besar, sedangkan luasa yang lebih kecil digunakan roda gerinda yang lebih luas.

c.    Struktur bahan pengasah dan ukuran butiran : dipilih roda gerinda yang sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh pabrik pembuat roda gerinda yang bersangkutan.

d.   Material benda kerja : roda gerinda yang keras (kepadatan tinggi) digunakan pada benda kerja yang lunak (soft), sedangkan roda gerinda yang lunak (kepadatan rendah) digunakan pada benda kerja yang keras.

e.    Banyak bahan yang digerinda : batu gerinda dengan butiran pengasah kasar dgunakan untuk bahan yang cukup besar, sedangkan batu gerinda dengan butiran pengasah halus digunakan untuk pekerjaan penyelesaian dan pengasahan alat-alat potong dengan penggerindaan tipis.

f.     Permukaan/hasil akhir yang diinginkan : roda gerinda dengan butiran pengasah kasar dan struktur terbuka menghasilkan permukan yang kasar, dan butiran pengasah yang halus dengan struktur tertutup akan menghasilkan permukaan yang halus.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Toko bangunan dan alat teknik depok citra mandiri

g.    Kecepatan roda gerinda : semakin cepat putaran roda gerinda terhadap benda kerja, semakin lunak grade roda gerinda. Roda gerinda yang berputar pelan akan lebih cepat aus, sehingga direkomendasikan untuk menggunakan grade keras pada kecepatan rendah.

h.    Kecepatan benda kerja : makin cepat gerak benda kerja akan mengakibatkan ausnya/terkikisnya roda gerinda, sehingga untuk kecepatan benda kerja yang lebih tinggi diperlukan batu gerinda dengan perekat yang lebih keras.

D.    Pemeriksaan Batu Gerinda

            Berikut ini merupakan beberapa metode manual sederhana untuk memeriksa kerataan permukaan batu gerinda antara lain sebagai berikut :

1.      Pengamatan Langsung ( Visual )

            Batu gerinda dicek dan diperiksa secara keseluruhan dengan mata apakah ada bagaian yang mengalami retak atau pecah. Cara ini merupakan cara sederhana dan cepat dalam pemeriksaan batu gerinda karena dengan metode visual.

2.      Pengecekan suara ( sound test )

            Pada metode ini pemeriksaan batu gerinda menggunakan metode sound yaitu dengan cara dipukul sedikit. Untuk mengetahui bagian retak pada batu gerinda dengan metode sound ini dengan mengidentifikasi suara. Apabila suara saat dipukul nyaring berati batu gerinda rata dan tidak mengalami retak begitu pula sebaliknya.

E.     Penyetimbangan Batu Gerinda

1.      Penyebab Ketidakseimbangan Batu Gerinda

§  Ketidaksimetrisan  dari elemen rotasi tersebut ( meliputi : bentuk, penempatan, rapat jenis )

§  Ketidaksimetrisan yang terjadi pada waktu elemen rotasi tersebut dalam keadaan berputar ( misalnya : distorsi & perubahan yang terjadi karena adanya tegangan atau stress, perubahan temperature )

§  Material yang tidak homogeny : adanya lubang lubang dari inklus pada benda cor-coran, distribusi kerapatan butiran yang tidak merata.

§  Toleransi didalam proses fabrikasi meliputi : pengecoran, pengerjaan, perakitan     

2.      Keuntungan Melakukan Balancing

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cat Pelapis Anti Bocor Cat Aquaproof Depok Jakarta

§  Mengurangi keausan yang terjadi pada bagian penyekat / seal

§  Mengurangi kerusakan yang terjadi karena gejala kelelahan ( fatique ) sehingga akan menambah umur pakai.

§  Kualitas permukaan lebih halus

§  Tidak menimbulkan getaran

F.     Penyimpanan Batu Gerinda ( Storing )

Batu gerinda memerlukan penanganan khusus dalam penyimpanannya. Setiap kiriman penyimpanan harus dicek secara visual, bila muncul keraguan jangan gunakan batu gerinda tersebut. Batu gerinda harus diletakkan dirak yang aman dan jauh dari kerusakan dari batu gerinda lain maupun benda lain saat berdekatan. Adapun syarat darea untuk penyimpanan roda gerinda yaitu :

1.      Kering

2.      Bebas embun

3.      Bebas dari perubahan suhu yang besar

4.      Bebas dari getaran

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan batu gerinda antara

 lain sebagai berikut :

  1. Batu gerinda yang rata dan ringan ( tipis ) ditempatkan  pada permukaan “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” yang datar dan tanpa antara.
  2. Batu gerinda rata dan besar diposisikan berdiri tetapi harus ada penahan agar tidak  menggelinding.
  3. Roda gerinda mangkuk ukuran kecil dipisahkan dengan yang ukuran besar.
  4. Batu gerinda yang ukuranya kecil ditempatkan ditempat yang sesuai ukuranya.
  5. Batu gerinda yang perekatnya jenis vitrified dapat disimpan dalam waktu yang relative
  6. lama. Sedangkan jenis perekat resinoid hanya dapat disimpan selama 2-3 tahun.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Mudah Memasang Shower Sendiri

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?source=universe&st=product&keyword=batu%20gerinda

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *