Cara Memilih Penggaris Siku Depok Jakarta

 Toko citra bangunan depok menjual penggaris siku www.materialbahanbangunan.com

Cara  Memilih Penggaris Siku

Kita sering melihat di perlengkapan pertukangan ada sebuah penggaris,yang bisa membantu pekerjaan si tukang yaitu penggaris siku.

Penggaris siku merupakan tolak ukur pertama terhadap hasil kerja tukang kayu dalam hubungannya dengan perakitan, kestabilan konstruksi dan ketepatan sudut pemotongan. Oleh karena itulah apabila anda sedang merencanakan untuk membeli alat bantu ini, sebaiknya sediakan anggaran biaya yang sedikit lebih besar untuk membeli penggaris siku yang berkualitas.

Bagian penting yang harus dilihat sebelum membeli adalah bagian konstruksi “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” penggaris siku. Perlu dilihat apakah terdiri dari satu kesatuan besi atau terdapat sambungan dua bilah besi. Dalam hal fungsi utamanya untuk menentukan ‘siku atau tidak’ sebuah sudut pemotongan, bahan yang terbuat dari satu kesatuan adalah yang terbaik, karena bahan penggaris tersebut akan stabil. Sedangkan penggaris siku yang terbuat dari 2 bilah yang berbeda beresiko sudut tidak lagi 90° (siku) karena masalah konstruksi penghubungnya.

Akurasi sudut pada penggaris siku jenis ini bisa berubah. Namun demikian, ada beberapa produk walaupun terbuat dari 2 bilah yang berbeda namun memiliki kualitas tinggi pada konstruksi penghubungnya sehingga kita tidak perlu kuatir resiko perubahan sudut tersebut.

Ukuran panjang tercetak (dalam) pada penggaris siku harus diperiksa kebenaran ukuran dengan membandingkannya dengan kaliper atau alat ukur lain yang lebih baik. Dan pastikan bahwa angka nol dimulai pada bagian ujung penggaris siku.

How to

1. Untuk memeriksa apakah kayu hasil serutan mesin/manual bersudut siku atau tidak, tempelkan salah satu sisi bagian dalam penggaris siku pada satu sisi kayu yang usai diserut. Lalu gerakkan penggaris siku sepanjang batang kayu, searah serat kayu dengan tetap menempelkan satu sisinya pada bagian sisi kayu. Apabila terdapat celah antara penggaris dengan permukaan kayu maka hasil penyerutan belum siku (90°).

BACA ARTIKEL YANG LAIN  kantong plastik / plastik sampah / plastik hitam

2. Bagian sudut luar penggaris siku juga berfungsi untuk memeriksa ketajaman sudut perabot. Misalnya untuk memeriksa apakah sudut permukaan top table meja dapur sudah siku dengan dinding. Untuk itu letakkan penggaris siku pada permukaan daun meja dapur terhadap dindingnya lalu gerakkan sepanjang meja, dan perhatikan celah yang ada pada penggaris siku dengan dinding.

3. Biasanya terdapat ukuran dalam skala inchi atau mm pada setiap penggaris siku. Cobalah manfaatkan ukuran tersebut semaksimal mungkin. Angka nominalnya biasanya dimulai nol pada ujung penggaris siku. Hal ini akan sangat egektif untuk mengukur kedalaman lubang (konstruksi pen & lubang) yang sedang anda kerjakan.

masukkan ujung penggaris ke dalam lubang tersebut dan tempelkan batang penggaris ke sisi lubang untuk melihat angka yang tepat. Cara ini sangat membantu terutama untuk lubang pen dengan lebar yang sempit yang tidak mungkin dilakukan dengan menggunakan ujung meteran biasa, kecuali caliper.

Kalibrasi Penggaris Siku

Satu cara sederhana untuk memeriksa apakah penggaris siku anda masih benar-benar bersudut 90°. Gunakan sebatang kayu yang sudah diserut halus “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” dan pastikan bahwa kayu tersebut LURUS. Buat satu garis melintang pada salah satu sisinya dengan posisi penggaris siku di sebelah kiri. Garis melintang tersebut harus dibuat berdasarkan sisi luar. Kemudian putar penggaris siku (mirror) dengan poros masih pada sisi kayu yang sama dan letakkan sisi luar penggaris siku pada garis yang tadi dibuat.

Apabila garis tersebut bersinggungan atau melintang sisi luar penggaris siku, berarti alat kerja tersebut tidak lagi memiliki sudut yang baik. Apabila garis tersebut sejajar berarti penggaris siku anda masih baik dan bisa digunakan.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Tips Perbaiki Talang Air yang Bocor

Jadi itu tadi cara memilih penggaris siku yang benar.semoga apa yang kami uraikan diatas dapat bermanfaat bagi anda.untuk mendapatkan penggaris siku anda bisa menghubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?source=universe&st=product&keyword=penggaris%20siku

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *