Langkah-Langkah atau Cara Mengasah Gunting Tumpul yang Benar Depok

: Toko bangunan citra depok menjual gunting.

www.matetialbahanbangunan.com.

Cara Mengasah Gunting Tumpul

Gunting adalah benda mudah didapat dan digunakan.Banyak warung ,toko buku toko bangunan menjual gunting.Tidak hanya gunting kertas bahkan berbagai macam gunting harus dijaga ketajamannya.

Hampir setiap keluarga mempunyai gunting. Gunting dibutuhkan untuk berbagai kegiatan yang melibatkan urusan potong memotong kertas atau plastik. Bahkan, tak jarang pula gunting dibutuhkan dalam setiap ketrampilan tangan. Namun, bagaimana jika gunting yang akan kita pakai mendadak tumpul? Tentu ini akan menjadi situasi yang menyebalkan.

Apalagi saat kita ingin membuat mie instan, tentu sangat butuh gunting untuk membuka kemasan. Apalagi ketika kita akan membuka kemasan bumbu, gunting menjadi kebutuhan yang sangat darurot. Situasi menjadi sangat menyebalkan jika gunting yang akan kita gunakan ternyata tumpul, alias tak bisa digunakan untuk memotong kemasan.

Begitu pula saat anak sekolah punya pekerjaan tangan, jika gunting tumpul maka harus membeli yang baru. Gunting tumpul akhirnya menjadi gunting rongsok tak terpakai. Namun, saya akan memberikan tips jitu tentang bagaimana cara mengasah gunting menjadi tajam seperti baru.

Saya yakin sekali, Anda pasti mempunyai gunting tumpul. Sekarang, ambil gunting tumpul yang tidak terpakai dan mulai belajar, bagaimana cara mempertajam gunting. Anda hanya butuh sebuah kikir yang biasa untuk mengasah gergaji. Kikir ini sangat banyak manfaatnya, dan saya sarankan sebaiknya Anda memiliki kikir.

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Berikut adalah beberapa langkah-langkah tentang cara mengasah gunting yang benar

1. Perhatikan sudut miring bibir gunting.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  12 Cara Memasang Handle Pintu Rumah Depok Jakarta

Biasanya, bibir miring gunting yang tumpul akan sedikit karatan sehingga ketajamannya berkurang. Coba perhatikan, bagian mata pisau gunting terlihat tumpul, tidak runcing seperti gunting baru. Perhatikan lagi tentang sudut kemiringan dan arah garis-garis di sudut miring gunting, inilah rahasia dari tips mengasah gunting yang akan saya berikan untuk Anda.

2. Perhatikan paku keling gunting.

Gunting yang sudah lama digunakan, biasanya sangat renggang dan mudah goyang ke kanan dan ke kiri ketika digerakkan. Hal ini terjadi akibat gesekan yang berlangsung terus menerus yang mengakibatkan keausan paku keling. Ada toleransi renggang sedikit pada titik tumpu agar gunting mudah dan ringan ketika digerakkan.

Jika tingkat renggang titik tumpu gunting terlalu besar, ini akan mengakibatkan gunting menjadi tumpul atau tidak efektif ketika digunakan. Jika gunting Anda mempunyai tingkat kerenggangan yang besar, sebaiknya paku keling digetok menggunakan palu. Paku keling terbuat dari besi lunak yang mudah untuk dipipihkan.

Harap diperhatikan, ketika Anda menggetok paku keling, Anda harus memperhatikan tingkat kerenggangan. Artinya, jangan terlalu rapat sebab ini akan membuat gunting susah untuk digerakkan dan terjadi crash antar pisau gunting yang satu dengan pisau gunting yang lain dan akan menyebabkan aus akibat bentrokan. Maka dari itu, tingkat kerenggangan gunting juga harus diperhatikan.

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

3. Mulai mengasah gunting dengan kikir.

Saat Anda mulai akan mengikir pisau gunting, Anda harus benar-benar memperhatikan kemiringan bibir gunting. Ambil posisi yang nyaman agar ketika mengikir tidak terjadi perubahan gerakan yang mengakibatkan hasil asahan tidak bagus atau gagal.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Perbedaan Perkakas Pemotong Keramik Manual Dan Elektrik Depok - Jakarta

Tempelkan kikir tepat pada kemiringan bibir gunting, kemudian gerakan kikir maju ke depan dengan mengikuti sudut kemiringan gunting. Perhatikan ! Jangan menggerakan kikir dengan menarik, hanya satu gerakkan ke depan saja. Jadi, gerakkan kikir hanya 1 kali ke arah maju. Jika Anda mengerakkan kikir mendorong dan menarik, ini akan menyebabkan gunting menjadi semakin parah akibat gesekan tak terarah.

Ketika menggerakkan kikir dengan mendorong, jangan terlalu bertenaga. Jika terlalu banyak kekuatan, akan menyebabkan hasil asahan tidak lurus, bahkan membuat luka melengkung sehingga gunting tidak menjadi tajam. Jadi, gunakan tenaga rileks saja. Pada prinsipnya, mengasah gunting dengan kikir hanya menghilangkan karat sambil meruncingkan mata pisau gunting. Hanya sekitar 3 – 5 gerakan saja.

Setelah selesai mengasah mata pisau gunting yang satu, pindah untuk mengasah mata pisau gunting yang lainnya dengan cara yang sama. Sekali-kali, perhatikan hasil kikiran. Apakah hasil kikiran sudah halus dan rata? Apakah mata pisau gunting sudah runcing? Jika hasil kikiran rapi, lurus, dan mengkilat, berarti Anda berhasil mengasah gunting tumpul menjadi tajam seperti baru. Semoga tips dari kami daoat nermanfaat bagi anda.untuk mendapatkan berbagai macam gunting anda bisa menghubungi kami di www.materialbahanbangunan.com.dan selamat mencoba

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.materialbahanbangunan.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.materialbahanbangunan.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Memilih Klem Kayu Atau Catok Kayu Sesuai dengan Kebutuhan Proyekmu Depok

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.materialbahanbangunan.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *