Jenis dan nama tali.

Toko bangunan citra depok menjual tali tambang.

www.materialbahanbangunan.com.

Jenis dan nama tali.

Dalam situasi tertantu kita kadang kadang membutuhkan tali untuk mengikat sesuatu.Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan tentang jenis-jenis tali dan nama-nama tali yang mungkin anda tertarik untuk menambah pengetahuan. Karena tali tidak hanya untuk digunakan, tapi ada baiknya jg dimengerti jenisnya dan ada sebagian dari blog ini yang menjelaskan tentang cara pembuatannya.

JENIS DAN NAMA TALI ( PEMBAHASAN )

Menurut definisi dari wikipedia

Tali adalah kumpulan lapisan linear, benang atau helai yang bengkok atau dikepang bersama dalam rangka untuk menggabungkan mereka kedalam bentuk yang lebih besar dan lebih kuat.

Tali memiliki kekuatan tarik sehingga dapat digunakan untuk menyeret dan mengangkat, tapi tali terlalu fleksibel untuk menekan barang sehingga tidak bisa digunakan untuk menekan barang.

JENIS TALI BERDASARKAN APLIKASINYA

  1. TALI TAMBANG

Kegunaan tali tambang sangat beragam tergantung dimana tali ini diaplikasikan, berikut adalah macam-macam aplikasinya dan kegunaan tali tambang pada aplikasi tersebut :

  1. Kehidupan masyarakat

Di masyarakat, tali tambang digunakan untuk mengikat hewan ternak, menjemur baju, merakit empyak, mengangkat balok, dll

  1. Kehidupan sekolah

Khususnya anak yang mengikuti pramuka menggunakan tali ini untuk mengikat tenda, membuat simpul dan mengangkat alat-alat untuk kegiatan pramuka tersebut.

  1. Otomotif

Di industri otomotif tali ini biasa digunakan untuk menarik atau menderek motor atau mobil yang mogok.

  1. Industri perkapalan

Pada industri perkapalan jenis tali ini digunakan untuk membuat tangga pada kapal, karena breaking load dari tali ini rendah.

  1. Olah raga

pada bidang olah raga, tali ini digunakan untuk cabang olah raga tarik tambang.

  1. TALI PANCING

Kegunaan tali pancing ini tentunya adalah untuk menangkap ikan menggunakan alat pancing, biasanya nelayan atau pemancing jg menggunakan tali ini untuk mengikat hasil tangkapannya. Tali ini terbuat dari nilon kebanyakan untuk mendapat tangkapan yang besar.

  1. TALI TAMPAR
BACA ARTIKEL YANG LAIN  Cara Membersihkan dan Memoles Kitchen Set HPL Depok

Kegunaan tali ini hampir sama dengan tali tambang, bedanya tali ini diaplikasikan untuk hal yang lebih ringan seperti untuk mengerek bendera di sekolah atau di lapangan, membuat jemuran, dan mengikat, menarik atau mengangkat benda yang tidak terlalu berat.

  1. TALI KAPAL

Sesuai dengan namanya, tali ini khusus digunakan di industri perkapalan karena ukuran dan kekuatannya yang sangat besar. Tali ini digunakan untuk menambat kapal pada saat merapat dipelabuhan, menarik kapal, mengikat layar, membuat jala-jala, mengangkat kargo dan mengikat barang.

  1. TALI BAJA

Tali ini adalah jenis tali terkuat dari segala jenis tali, karena tali ini terbuat dari kumpulan kawat baja yang dipilin menjadi sebuah wire rope atau tali baja.

Berikut adalah cara pembuatan tali baja secara garis besar :

*Pertama-tama kawat-batangan dicuci dengan bahan kimia untuk dibersihkan dari karat dan kotoran.

*Setelah itu kawat yang sudah dibersihkan dimasukkan kedalam mesin drawing dimana kawat batangan ditarik melalui mesin cetakan ( DIES ) sehingga ukurannya mengecil sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Setelah proses ini kawat batangan tersebut ( Wire rod ) berubah menjadi kawat ( Wire ).

*Selama proses drawing diatas, kawat mengalami banyak tekanan. Sehingga pada proses ini kawat/wire dipanaskan untuk menghilangkan tekanan yang dialaminya. Proses ini disebut patenting.

*Untuk wire rope dengan ukuran diameter yang lebih kecil, wire harus mengalami proses drawing yang kedua agar mendapatkan ukuran yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

*Proses berikutnya adalah galvanizing, khusus untuk wire rope galvanized. setelah proses drawing kedua, wire dicelup dengan cairan zinc.

*Proses berikutnya dalah stranding, dimana kumpulan wire dipilin untuk dijadikan satu strand.

*Proses yang terakhir adalah closing, dimana beberapa strand dipilin menjadi satu kesatuan strand yang disebut wire rope. selengkapnya>>

  1. TALI RAFIA ( POLYTAPE )
BACA ARTIKEL YANG LAIN  Kegunaan Dan Manfaat Lem Pvc True Glue Untuk Di Rumah Anda Depok - Jakarta

Tali jenis ini biasa hanya digunakan untuk mengikat, khususnya barang yang ringan. Biasanya untuk mengikat barang digudang agar terlihat lebih rapi dan untuk mengikat barang-barang ringan sewaktu pindahan rumah agar terlihat lebih ringkas dan teratur.

  1. TALI SEPATU

Tali jenis ini adalah tali khusus untuk mengikat sepatu agar sepatu nyaman dipakai waktu dipasang di kaki.

Silahkan chat wa kami di 085710032801 / https://wa.me/6285710032801 untuk pemesanan barang dengan admin khusus kami siap membantu anda

Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra Alamat Kami di www.materialbahanbangunan.com/alamat

kami tunggu kedatangan dan pesanan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *