Macam-macam jenis meteran gulung

Ayo kunjungi materialbahanbangunan.com yaa…

Kali Ini kita membahas mengenai macam-macam meteran dan kegunaannya. Meteran gulung atau biasa dipanggil meteran roll/meteran saku adalah alat yang berfungsi sebagai pengukur panjang dan jarak. Alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengukur sudut, membuat sudut siku, dan membuat lingkaran. berikut macam-macam meteran :

1. Meteran Kain

Meteran kain terbuat dari campuran kain linen dan anyaman kawat tembaga. Kelebihan dari meteran ini ialah fleksibel dan mudah diubah bentuknya sesuai dengan benda yang akan diukuran. Namun kekurangannya meteran kain relatif gampang rusak, tingkat keakuratannya rendah, dan tingkat pemuaiannya cukup besar.

2. Meteran Baja

kelebihan meteran ini antara lain tahan lama, tahan air, dan tingkat pemuaiannya cukup kecil. Sayangnya bahan baja membuat meteran ini cenderung kaku serta tingkat ketelitiannya pun sedang.

3. Meteran Baja Aloy

Baja aloy adalah material yang terbentuk dari campuran antara baja dan nikel.  Karakteristik dari meteran baja aloy yakni awet, antikarat, dan tidak terpengaruh suhu.  Selain itu, meteran ini juga mempunyai tingkat ketelitian yang paling tinggi dibandingkan dengan kedua jenis meteran gulung sebelumnya.

contoh : https://www.tokopedia.com/citrabangunan/meteran-tanah-meteran-50-meter-meteran-tancap-meteran-plastik?trkid=f=Ca0000L000P0W0S0Sh00Co0Po0Fr0Cb0_src=shop-product_page=1_ob=11_q=_catid=1073_po=9

BACA ARTIKEL YANG LAIN  Penggaris Siku Besi